PENGARUH PENAMBAHAN AGAR-AGAR BUBUK TERHADAP KARAKTERISTIK MUTU SELAI LEMBARAN KULIT PISANG KEPOK (Musa paradisiaca) DAN TERONG BELANDA (Cyphomandra betacea Sendt.)

Katrina, Melinda (2021) PENGARUH PENAMBAHAN AGAR-AGAR BUBUK TERHADAP KARAKTERISTIK MUTU SELAI LEMBARAN KULIT PISANG KEPOK (Musa paradisiaca) DAN TERONG BELANDA (Cyphomandra betacea Sendt.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstract.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Kesimpulan)
Bab 5 Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Katrina Melinda_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui jumlah penambahan agar-agar bubuk yang tepat pada pembuatan selai lembaran kulit pisang kepok dan terong belanda berdasarkan penerimaan panelis dan mengetahui pengaruh jumlah penambahan agar-agar bubuk terhadap karakteristik fisik, kimia, mikrobiologi dan organoleptik selai lembaran kulit pisang kepok dan terong belanda. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan penambahan agar-agar bubuk (1%, 1,5%, 2%, 2,5% dan 3%) dengan 3 ulangan. Hasil dianalisis secara statistik menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengan Duncan's New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Penelitian ini berbeda nyata terhadap nilai analisis sifat fisik uji lipat, tekstur, kadar air, kadar abu, pH, aktivitas air (aw), total padatan terlarut dan kadar gula total. Namun, tidak ada perbedaan nyata pada kadar serat kasar, kadar antosianin, aktivitas antioksidan IC50 dan organoleptik warna, aroma, serta rasa. Berdasarkan analisis fisik, organoleptik, kimia dan mikrobiologi didapatkan produk terbaik yaitu dengan penambahan agar-agar bubuk 1,5%. Skor nilai yang didapatkan adalah skor nilai warna 4,20 (suka), aroma 4,55 (suka), tekstur 3,95 (suka), dan rasa 3,90 (suka). Nilai analisis sifat fisik uji lipat sebesar 4,67. Sedangkan nilai analisis sifat kimia yaitu kadar air 27,00%, kadar abu 0,99%, pH 3,31, aw 0,69, total padatan terlarut 43,15%, kadar gula total 50,67%, kadar serat kasar 10,90%, kadar antosianin 3,78 ppm, aktivitas antioksidan IC50 2,15 ppm, dan analisis mikroba angka lempeng total 0,5x103 CFU/g. Kata kunci: agar-agar bubuk, kulit pisang kepok, mutu, selai lembaran, terong belanda

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Kesuma Sayuti, MS
Uncontrolled Keywords: agar-agar bubuk, kulit pisang kepok, mutu, selai lembaran, terong belanda
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 06 Jun 2022 07:47
Last Modified: 06 Jun 2022 07:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95871

Actions (login required)

View Item View Item