KETERLIBATAN MASYARAKAT LOKAL TERHADAP PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA HARAU (Studi: Kawasan Wisata Harau, Nagari Tarantang, Kec. Harau, Kab. 50 Kota Sumatera Barat)

Ihsan, Muhammad (2021) KETERLIBATAN MASYARAKAT LOKAL TERHADAP PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA HARAU (Studi: Kawasan Wisata Harau, Nagari Tarantang, Kec. Harau, Kab. 50 Kota Sumatera Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover and abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Turnitin Ihsan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)

Abstract

Kawasan wisata Harau diharapkan kawasan wisatanya meningkat. Meningkatkan kawasan wisata Harau merupakan harapan masyarakat lokal karena bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal Harau. Maka dari itu diharapakan kontribusi dari masyarakat terutama masyarakat lokal Harau. Kontribusinya diharapkan bisa membuat pariwisata Harau maju dengan adanya pemikiran, ide, dana, dan tindakan. Hanya saja masyarakat lokal Harau ini masih ada kelemahannya. Pertama, pengetahuannya masih dalam mengembangkan Kawasan Wisata Harau masih minim, contohnya saja dalam pemakaian teknologi dan masih bertahan dalam kerja tradisional seperti bertani dan berladang. Kedua, adanya ketimpangan pembangunan di Kawasan Wisata ini antara Sarasah dan Aka Barayun dikarenakan disebabkan pembangunan Kawasan Wisata. Penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Keterlibatan Masyarakat Lokal terhadap Pengembangan Kawasan Wisata Lembah Harau di Kenagarian Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Untuk menjelaskan keterlibatan masyarakat lokal terhadap pengembangan Kawasan Wisata Harau. Peneliti menggunakan teori strukturasi Anthony Giddens. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini ialah terdapat faktor yang mendukung maupun yang menghalangi keterlibatan masyarakat lokal terhadap pengembangan kawasan wisata Harau. Adapun faktor yang mendukung tersebut ialah peran dinas pariwisata, peran pihak swasta, pihak kenagarian, dan peran masyarakat lokal. Sementara itu, faktor yang menghambat tersebut ialah masyarakat yang masih rendah, masih adanya pemungutan liar, dan rendahnya ekonomi masyarakat lokal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Rinaldi Eka Putra, M.Si
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan, Masyarakat Lokal, Faktor Pendukung, dan Faktor Penghambat
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 30 Nov 2021 06:57
Last Modified: 30 Nov 2021 06:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95855

Actions (login required)

View Item View Item