UPAYA KERJASAMA KKI WARSI DENGAN RAINFOREST CONNECTION (RFCx) DALAM MENCEGAH PENEBANGAN LIAR OLEH KOMUNITAS LOKAL DI NAGARI SIRUKAM

Nola Thasia, R. Nainggolan (2021) UPAYA KERJASAMA KKI WARSI DENGAN RAINFOREST CONNECTION (RFCx) DALAM MENCEGAH PENEBANGAN LIAR OLEH KOMUNITAS LOKAL DI NAGARI SIRUKAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penebangan liar oleh komunitas lokal merupakan masalah yang harus segera ditangani karena sangat membawa dampak buruk bagi kehidupan masyarakat, tidak hanya daerah setempat tapi juga daerah lain yang terhubung dengan mereka. Permasalahan yang tidak dapat diselesaikan secara hukum ini sulit untuk diatasi melihat bagi masyarakat lokal hutan tersebut merupakan warisan nenek moyang mereka. Dalam usaha mengatasi persoalan ini, aktor non-negara kemudian berinisiatif mengambil peran penting dengan bekerjasama untuk mencegah penebangan liar tersebut. Maka dari itu, penelitian ini menjelaskan bagaimana KKI WARSI dan RFCx berupaya mencegah penebangan liar oleh komunitas lokal di Nagari Sirukam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif-analisis serta memanfaatkan data primer dan data sekunder.Konsep peran non-governmental organizations menurut Lewis dan Kanji digunakan untuk menjawab perumusan masalah penelitian. Sebagai sebuah NGOs, KKI WARSIdan RFCx menjalankan fungsinya sebagai catalyst, implementer, dan partnership yang ditunjukkan melalui proyek pemasangan alat The Guardian. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa alat The Guardian mampu mendeteksi penebangan liar secara real-time dan akurat. The Guardian terbukti membantu pencegahan penebangan liar oleh komunitas lokal dimana para patroli yang bertugas dapat langsung menuju ke lokasi yang tepat dan di waktu yang tepat sehingga memberikan efek jera bagi pelaku. Terbukti dari berkurangnya notifikasi peringatan penebangan liar oleh The Guardian dari tahun ketahun. Kata Kunci: Upaya Kerjasama, Rainforest Connection, Mencegah Penebangan Liar, Komunitas Lokal, Nagari Sirukam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 30 Nov 2021 04:33
Last Modified: 30 Nov 2021 04:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95804

Actions (login required)

View Item View Item