FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN LOW BACK PAIN PADA PEKERJA INDUSTRI PEMBUATAN BATU BATA DI KORONG TANJUNG PISANG NAGARI SINTUK KABUPATEN PADANG PARIAMAN TAHUN 2021

Fauziah, Hermawaty (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN LOW BACK PAIN PADA PEKERJA INDUSTRI PEMBUATAN BATU BATA DI KORONG TANJUNG PISANG NAGARI SINTUK KABUPATEN PADANG PARIAMAN TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan: Berdasarkan wawancara awal didapati bahwa dari 10 pekerja batu bata, 100% mengalami keluhan low back pain. Saat bekerja postur tubuh pekerja didominasi oleh postur tidak ergonomis dan berulang-ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keluhan low back pain pada pekerja industri pembuatan batu bata di Korong Tanjung Pisang. Metode: Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2021 dengan sampel 44 orang pekerja industri pembuatan batu bata di Korong Tanjung Pisang Nagari Sintuk. Pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan menggunakan instrumen kuisioner ODI dan REBA worksheet. Data dianalisis hingga multivariat dengan menggunakan uji regresi logistik ordinal. Hasil: Hasil penelitian didapatkan bahwa 100% pekerja mengalami keluhan low back pain. Analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara variabel usia (p value=0,026), jenis kelamin (p value=0,005), masa kerja (p value=0,019) dan postur tubuh (p value=0,000) dengan keluhan low back pain. Analisis multivariat menunjukkan bahwa postur tubuh merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi keluhan low back pain. Kesimpulan: Faktor yang paling dominan mempengaruhi keluhan low back pain pada pekerja di industri pembuatan batu bata adalah postur tubuh. Disarankan bagi pekerja agar selalu mengutamakan kesehatan dan keselamatan dalam bekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fitriyani, SKM., MKKK
Uncontrolled Keywords: low back pain, pekerja, batu bata, regresi logistik, postur tubuh
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 29 Nov 2021 08:21
Last Modified: 29 Nov 2021 08:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95673

Actions (login required)

View Item View Item