PENGARUH METODE PENGERINGAN YANG BERBEDA TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK DAN KIMIA BUBUK BIJI MAHONI (SWIETENIA MACROPHYLLA, KING)

Dinda, Lestari (2021) PENGARUH METODE PENGERINGAN YANG BERBEDA TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK DAN KIMIA BUBUK BIJI MAHONI (SWIETENIA MACROPHYLLA, KING). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK-dikonversi.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan-dikonversi.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
Bab.5 Penutup-dikonversi.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full)
SKRIPSI full dinda lestari-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik fisik dan kimia yang terkandung pada bubuk biji mahoni dengan penggunaan metode pengeringan yang berbeda dan mengetahui metode pengeringan yang terbaik untuk bubuk biji mahoni yang dihasilkan. Penelitian menggunakan 4 perlakuan (metode pengeringan dengan oven dryer, solar dryer, sun dryer dan vakum dryer) dan 3 kali ulangan. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pengeringan yang berbeda menghasilkan karakteristik fisik dan kimia bubuk biji mahoni yang berbeda. Metode pengeringan terbaik pada penelitian ini menggunakan oven vacum dengan karakteristik fisik dan kimia yaitu rendemen 41,47%, ºHue 81,5, lama waktu pengeringan ±5 jam, nilai kadar air 5,31%, kadar abu 4%, aktivitas antioksidan54,65%, total flavonoid 130,54 mg QE/g. Hasil terbaik dari analisik fisik dan kimia kemudian diaplikasikan sebagai bahan tambahan alami pada makanan dan dilakukan uji organoleptik. Uji organoleptik pada produk puding, dengan penambahan bubuk biji mahoni dari hasil perlakuan pengeringan terbaik sebagai bahan tambahan alami didapatkan nilai rata-rata terhadap warna sebesar 4 (suka), aroma sebesar 3,33 (netral), tekstur sebesar 3,2 (netral), rasa sebesar 2 (tidak suka). Kata Kunci : Karakteristik, Mahoni, Pengeringan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 29 Nov 2021 07:27
Last Modified: 29 Nov 2021 07:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95641

Actions (login required)

View Item View Item