CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM KONTEN GARUNDANG PADA CHANNEL YOUTUBE GARUNDANG SKETSA KOMEDI MINANG

Ariseftian, Hadi (2021) CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM KONTEN GARUNDANG PADA CHANNEL YOUTUBE GARUNDANG SKETSA KOMEDI MINANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV (Penutup).pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI AKHIR ILMIAH UTUH)
SKRIPSI Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) Apa saja campur kode dan alih kode yang terdapat pada peristiwa tutur konten Garundang dalam channel youtube Garundang Sketsa Komedi Minang, (2) Apa saja faktor yang mempengaruhi terjadinya campur kode peristiwa tutur konten Garundang dalam channel youtube Garundang Sketsa Komedi Minang, (3) Apa saja faktor penyebab terjadinya alih kode pada peristiwa tutur konten Garundang dalam channel youtube Garundang Sketsa Komedi Minang. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Menjelaskan Campur kode dan alih kode yang terdapat pada peristiwa tutur konten Garundang dalam channel youtube Garundang Sketsa Komedi Minang. (2) Menjelaskan faktor yang mempengaruhi terjadinya campur kode peristiwa tutur konten Garundang dalam channel youtube Garundang Sketsa Komedi Minang. (3) Menjelaskan faktor penyebab terjadinya alih kode pada peristiwa tutur konten Garundang dalam channel youtube Garundang Sketsa Komedi Minang. Metode dan teknik dalam penyediaan data digunakan metode simak dengan teknik dasar: teknik sadap dan teknik lanjutannya yakni teknik simak bebas libat cakap (SBLC), dan teknik catat. Dalam analisis data, digunakan metode padan translasional dan referensial dengan tekni dasar pilah unsur penentu (PUP) dan teknik lanjutannya adalah hubung banding membedakan (HBB). Selanjutnya, dalam penyajian analisi data digunakan metode informal. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, campur kode yang terdapat dalam konten Garundang adalah campur kode (1) bahasa Minangkabau dengan bahasa Indonesia, (2) bahasa Minangkabau dengan bahasa Inggris, (3) bahasa Minangkabau, bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia, (4) bahasa Indonesia dengan bahasa Minangkabau. Alih kode yang terdapat (1) alih kode bahasa Indonesia ke bahasa Minangkabau, (2) bahasa Miangkabau ke bahasa indonesia, (3) bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Kemudian, faktor penyebab terjadinya campur kode adalah (1) setting and scene, (2) participants, (3) key, dan (4) norm of interaction and interpretation, dan faktor penyebab terjadinya alih kode (1) siapa yang berbicara, (2) dengan bahasa apa, (3) kepada siapa, (4) kapan dan (5) dengan tujuan apa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Sonezza Ladyana, S.S., M.A.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: tuturan, campur kode, alih kode, faktor penyebab Kata kunci: tuturan, campur kode, alih kode, faktor penyebab Kata kunci: tuturan, campur kode, alih kode, faktor penyebab Kata kunci: tuturan, campur kode, alih kode, faktor penyebab
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 29 Nov 2021 03:37
Last Modified: 29 Nov 2021 03:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95556

Actions (login required)

View Item View Item