Penentuan Kandungan Antioksidan Total Dari Infusa Kangkung (Ipomoea reptans) Hidroponik Dan Konvensional Dengan Metode Fenantrolin Modifikasi

Zagita, Rahma (2021) Penentuan Kandungan Antioksidan Total Dari Infusa Kangkung (Ipomoea reptans) Hidroponik Dan Konvensional Dengan Metode Fenantrolin Modifikasi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. RAHMA ZAGITA (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
2. RAHMA ZAGITA (Bab I Pendahuluan ).pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
3. RAHMA ZAGITA (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. RAHMA ZAGITA (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
RAHMA ZAGITA ( FULL TEXT ).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kangkung (Ipomoea reptans) termasuk jenis sayuran yang secara tradisional biasanya digunakan sebagai makanan sehari-hari dan memiliki kandungan antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kandungan antioksidan total dari infusa kangkung (Ipomoea reptans) hidroponik dan konvensional. Sistem tanam hidroponik merupakan sistem budidaya tanaman dengan memanfaatkan air sebagai nutrisi tanpa menggunakan tanah. Penentuan kandungan antioksidan total pada kangkung menggunakan pelarut akuades dengan metode fenantrolin modifikasi (MPM). Metode ini valid digunakan dengan parameter uji validasi metode yang telah dilakukan yaitu uji linieritas, batas deteksi (LoD), batas kuantifikasi (LoQ), standar deviasi relatif (SDR) dan persen perolehan kembali (recovery). Hasil penelitian diperoleh rata-rata kandungan antioksidan pada kangkung hidroponik dan kangkung konvensional adalah 1,36 ± 0,05 mg AA/g FW dan 2,38 ± 0,10 mg AA/g FW. Berdasarkan uji t didapatkan bahwa kandungan antioksidan pada sampel kangkung hidroponik dan konvensional berbeda nyata. Hasil data tersebut menunjukkan bahwa kandungan antioksidan pada kangkung konvensional lebih tinggi daripada kangkung hidroponik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 27 Nov 2021 06:11
Last Modified: 27 Nov 2021 06:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95328

Actions (login required)

View Item View Item