PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA (APB) NAGARI STUDI: DI NAGARI PADANG SIBUSUK KABUPATEN SIJUNJUNG

Ainil, Wahyudi (2021) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA (APB) NAGARI STUDI: DI NAGARI PADANG SIBUSUK KABUPATEN SIJUNJUNG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS AINIL WAHYUDI (1920812003).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Anggaran, Pendapatan dan Belanja (APB) Nagari merupakan rencana kerja satu tahun anggaran, dimana dalam pengelolaan APB Nagari mengikutsertakan masyarakat. Permasalahan penelitian adalah bagaimana partisipasi masyarakat Nagari Padang Sibusuk dalam pengelolaan APB Nagari, sebagai Nagari terbaik dalam Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2020 tingkat Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi wawancara, observasi dan dokumen. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori partisipasi sosial Abdul Aziz Shaleh. Hasil penelitian yaitu, (1) perencanaan; masyarakat terlibat dalam Musyawarah Jorong/Musyawarah Dusun (Musdus) untuk merumuskan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nagari (RPJMN) untuk masa enam tahun jabatan Wali Nagari dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) untuk Rencana Kerja Pemerintah (RKP), kemudian menjadi APB Nagari (partisipasi buah pikiran), (2) pelaksanaan APB Nagari; masyarakat menjadi pekerja disetiap pembangunan di Nagari dan diberi upah (honor), swadaya dan gotong royong dan menghibahkan tanah untuk pembangunan Nagari (partisipasi tenaga dan harta benda), (3) pelaporan dan pertanggungjawaban; masyarakat dan unsur masyarakat Nagari Padang Sibusuk melakukan rapat/musyawarah atas pelaksanaan APB Nagari tahun 2020 untuk di evaluasi dan dipertanyakan atas realisasinya kepada pemerintah Nagari (partisipasi sosial). Namun demikian, partisipasi masyarakat dalam pengelolaan APB Nagari Padang Sibusuk hanya partisipasi secara prosedural, bukan partisipasi subtansif.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: DR. Bob Alfiandi, M.Si
Uncontrolled Keywords: APB Nagari, Partisipasi Masyarakat, Pengelolaan APB Nagari, Bentuk-bentuk Partisipasi Masyarakat.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 29 Nov 2021 02:44
Last Modified: 29 Nov 2021 02:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95304

Actions (login required)

View Item View Item