ANALISIS KANDUNGAN SISA KLOR DAN ESCHERICHIA COLI DALAM JARINGAN DISTRIBUSI DI DISTRICT METER AREA (DMA) 2 ZONA BUKIT SURUNGAN PERUSAHAAN UMUM DAERAH (PERUMDA) AIR MINUM KOTA PADANG PANJANG

FATMA, LISNA (2021) ANALISIS KANDUNGAN SISA KLOR DAN ESCHERICHIA COLI DALAM JARINGAN DISTRIBUSI DI DISTRICT METER AREA (DMA) 2 ZONA BUKIT SURUNGAN PERUSAHAAN UMUM DAERAH (PERUMDA) AIR MINUM KOTA PADANG PANJANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAKK.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR FULL TEXT..pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebaran sisa klor dan Escherichia coli serta membandingkan kadar sisa klor dan tekanan antara hasil pengukuran di lapangan dengan software Epanet 2.2. Selain itu hubungan sisa klor terhadap Escherichia coli, jarak, suhu, pH dan tekanan di jaringan distribusi juga dievaluasi. Jaringan distribusi yang ditinjau adalah jaringan pada DMA 2 zona Bukit Surungan PERUMDA Air Minum Kota Padang Panjang dengan 6 titik lokasi pengamatan. Pengamatan penurunan sisa klor terhadap waktu dilakukan pada outlet terdekat dengan reservoir untuk mendapatkan nilai koefisien reaksi bulk (Kb) dan koefisien reaksi wall (Kw) dihitung dengan menggunakan uji Root Mean Square Error (RMSE). Perbandingan hasil simulasi sisa klor dan tekanan dengan uji Root Mean Square Error (RMSE) untuk melihat kesesuaian hasil data simulasi software Epanet terhadap pengukuran lapangan. Analisis korelasi dilakukan dengan metode korelasi Pearson dan Rank Spearman. Koefisien reaksi bulk dan koefisien wall yang didapatkan masing masing bernilai 0,16 dan 0,10. Hasil simulasi menunjukkan bahwa dari dosis yang diberikan kadar sisa klor belum memenuhi pada dua lokasi terjauh dari reservoir yaitu berada pada nilai di bawah persyaratan 0,2 mg/L. Sisa klor dan nilai tekanan hasil pengukuran di lapangan dan software Epanet mempunyai nilai RMSE masing masing adalah 0,12 dan 0,47. Nilai RMSE tersebut menunjukkan kesesuaian hasil data pengukuran lapangan yang mendekati hasil software Epanet. Hasil analisis korelasi menunjukkan parameter jarak dengan korelasi sangat kuat, pH, suhu dan tekanan dengan korelasi kuat, dan Escherichia coli tidak berkorelasi terhadap sisa klor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Puti Sri Komala
Uncontrolled Keywords: Epanet 2.2, Escherichia coli, Reaksi bulk, Reaksi wall, Sisa klor.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 26 Nov 2021 08:32
Last Modified: 29 Nov 2021 03:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95274

Actions (login required)

View Item View Item