MOTIF AKTOR MENGUNJUNGI COFFEE SHOP DI KECAMATAN PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN PROVINSI RIAU

Masliana, Yani Hasibuan (2021) MOTIF AKTOR MENGUNJUNGI COFFEE SHOP DI KECAMATAN PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN PROVINSI RIAU. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak dan cover)
Abstrak dan Cover.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
Full Text-skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Minum kopi merupakan kebiasaan yang ada di Indonesia sejak zaman dahulu, dimana Indonesia salah satu negara penghasil biji kopi terbaik di dunia. Hal ini menjadi lahan bisnis yang menjanjikan, ditandai dengan semakin menjamurnya bisnis kedai kopi atau coffee shop di berbagai wilayah di indonesia, yang menciptakan gaya hidup baru dalam mengonsumsi kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motif aktor mengunjungi coffee shop. Oleh karena itu, beberapa tujuan khusus dibuat untuk menjawab pertanyaan ini, yaitu mendeskripsikan because motive masyarakat mengunjungi coffee shop dan In order to motive masyarakat mengunjungi coffee shop. Untuk memahami penelitian ini, teori yang digunakan adalah teori Fenomenologi yang dikemukakan oleh Alfred Schutz. Teori ini menjelasakan adanya stock of knowledge yang melatar belakangi suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang. Schutz membedakan motif dalam suatu tindakan menjadi because motive dan in order to motive. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif untuk mencapai tujuan penelitian . Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi. Berdasarkan hasil temuan di lapangan yang menjadi motif individu mengunjungi coffee shop dari 10 informan meliputi because motive diantaranya (1) berkumpul dengan teman, (2) wifi, (3) kebutuhan akan rasa nyaman, (4) tempat untuk bekerja dan diskusi, (5) menu yang bervariasi. Sementara in order to motive mencakup (1) pemenuhan kebutuhan minum kopi, (2) mencari inspirasi, (3) memperluas jaringan pertemanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Rinaldi Eka Putra, M.Si
Uncontrolled Keywords: Aktor, Motif, Mengunjungi, Coffee Shop
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 29 Nov 2021 04:37
Last Modified: 29 Nov 2021 04:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95257

Actions (login required)

View Item View Item