EFEK PROTEKTIF EKSTRAK ETANOL DAUN Acacia auriculiformis TERHADAP NILAI DARAH, HATI DAN GINJAL MENCIT Mus musculus YANG TERPAPAR LOGAM BERAT TIMBAL (PB)

Reni, Pusvitasari (2021) EFEK PROTEKTIF EKSTRAK ETANOL DAUN Acacia auriculiformis TERHADAP NILAI DARAH, HATI DAN GINJAL MENCIT Mus musculus YANG TERPAPAR LOGAM BERAT TIMBAL (PB). Masters thesis, Universitras Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V kesimpulan dan Saran)
BAB V (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis full text fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Timbal atau plumbum (Pb) merupakan salah satu logam berat sekaligus polutan utama yang dihasilkan oleh aktivitas pembakaran bahan bakar minyak kendaraan bermotor. National Academy of Science Amerika Serikat melaporkan empat ribu orang meninggal setiap tahun di beberapa kota di Amerika Serikat karena polusi udara oleh transportasi. Kematian akibat paparan timbal diperkirakan sekitar 143.000 kematian per tahun (WHO). Timbal bersifat toksik dan dapat mengganggu berbagai organ dan sistem di dalam tubuh sehingga dibutuhkan antioksidan tambahan dari luar atau antioksidan eksogen yang bisa didapatkan dari tumbuhan akasia yang telah banyak dilaporkan aktivitas antioksidannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pemberian ekstrak etanol daun A.auriculiformis terhadap nilai darah, urea, kadar timbal, MDA, SGPT, histologi hati dan ginjal mencit Mus musculus yang terpapar timbal asetat (Pbac). Hasil penelitian Ekstrak etanol daun akasia memberi efek positif terhadap nilai darah mencit yang terpapar logam berat timbal terutama pada kadar granulosit, monosit, sel darah putih, hemoglobin, hematokrit dan sel darah merah serta urea. Mampu menurunkan kadar timbal, MDA, SGPT serta mampu mengurangi dampak negatif timbal pada jaringan hati maupun ginjal dilihat dari preparat histologi nya . Kata kunci: Flavonoid, MDA, Nilai Darah, SGPT.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Djong Hon Tjong
Uncontrolled Keywords: Flavonoid, MDA, Nilai Darah, SGPT.
Subjects: Q Science > QP Physiology
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:40
Last Modified: 26 Nov 2021 03:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95188

Actions (login required)

View Item View Item