Klasifikasi Kemiskinan Menggunakan Model CIBEST dan Pengaruh Bantuan Sosial Pemerintah Terhadap Kesejahteraan Masyarakat dari Sisi Maqashid Syariah di Kelurahan Cupak Tangah Kecamatan Pauh

Desrinawati, - (2021) Klasifikasi Kemiskinan Menggunakan Model CIBEST dan Pengaruh Bantuan Sosial Pemerintah Terhadap Kesejahteraan Masyarakat dari Sisi Maqashid Syariah di Kelurahan Cupak Tangah Kecamatan Pauh. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Fultext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui klasifikasi kemiskinan masyarakat penerima bantuan sosial pemerintah dengan diuji menggunakan model CIBEST dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh bantuan sosial pemerintah tersebut terhadap kesejahteraan penerima bantuan dilihat dari perspektif Islami maqashid syariah pada masyarakat Kelurahan Cupak Tangah Kecamatan Pauh Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif (mixed methods) dengan menggunakan model CIBEST dan in depth interview. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu accidental sampling kepada 80 rumah tangga responden penerima bantuan sosial pemerintah yang terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos RI, serta wawancara mendalam terhadap 10 orang perwakilan Keluarga Penerima manfaat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pengklasifikasian model CIBEST terdapat 29 rumah tangga berada pada kuadran (I) sejahtera secara material dan spiritual. Pada kuadran (II) kemiskinan material terdapat 51 rumah tangga mengalami kemiskinan material namun kaya secara spiritual. Serta tidak ditemukan rumah tangga pada kuadran (III) kemiskinan spiritual dan kuadran (IV) kemiskinan absolut. Kemudian didapatkan bahwa pemberian bantuan sosial pemerintah telah memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari segi spiritual dan penjagaan terhadap pilar-pilar maqashid syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Neng Kamarni, S.E., M.S.i
Uncontrolled Keywords: model CIBEST, kemiskinan, bantuan sosial pemerintah, in depth interview, maqashid syariah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: s1 ekonomi pembagunan
Date Deposited: 26 Nov 2021 04:03
Last Modified: 26 Nov 2021 04:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95159

Actions (login required)

View Item View Item