Isolasi Senyawa Metabolit Sekunder Fraksi Etil Asetat dari Ekstrak Metanol Kulit Batang Jambu Air Putih (Syzygium aqueum (Burm.f) Alston) Kultivar Putih

Hasri, Farras (2021) Isolasi Senyawa Metabolit Sekunder Fraksi Etil Asetat dari Ekstrak Metanol Kulit Batang Jambu Air Putih (Syzygium aqueum (Burm.f) Alston) Kultivar Putih. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1-Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
2-BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
3-BAB akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
5-Skripsi-Farras Hasri-1710413002.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)

Abstract

Jambu air (Syzygium aqueum (Burm.f.) Alston) merupakan tumbuhan dari famili Myrtaceae dan genus Syzygium, yang banyak digunakan sebagai obat tradisional sebagai penurun demam, melancarkan pencernaan, kolesterol dan diabetes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengisolasi dan mengkarakterisasi kandungan senyawa metabolit sekunder yang terdapat pada fraksi etil asetat kulit batang jambu air putih. Isolasi senyawa metabolit sekunder dilakukan dengan kromatografi kolom dan karakterisasi dengan Spektrofotometer UV-Vis dan Fourier Transform Infrared (FTIR). Senyawa hasil isolasi berupa padatan putih sebanyak 0,0061 gram dengan titik leleh 140-141oC. Hasil identifikasi fitokimia dengan pereaksi dragendorff menunjukkan senyawa tersebut merupakan golongan alkaloid. Hasil analisa spektrum UV-Vis memperlihatkan satu serapan maksimum pada panjang gelombang 265 nm yang menandakan adanya transisi elektron n – π* dari gugus N-H dan hasil analisa spektrum FTIR mengindikasikan adanya gugus fungsi N-H, C-H dan C-N.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 26 Nov 2021 04:45
Last Modified: 26 Nov 2021 04:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95139

Actions (login required)

View Item View Item