PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PEMBERIAN REMISI PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN (STUDI PERBANDINGAN METODE SAW DAN METODE TOPSIS)

Rifqi, Hadi Putra (2021) PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PEMBERIAN REMISI PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN (STUDI PERBANDINGAN METODE SAW DAN METODE TOPSIS). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Narapidana dalam menjalani pidana penjara memiliki hak-hak yang terlindungi oleh hak asasi manusia dan undang-undang Indonesia, saah satunya adalah adanya pemberiaan remisi. Remisi adalah pengurangan masa menjalani pidana yang diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan. Remisi dibedakan menjadi dua jenis yaitu remisi umum dan remisi khusus. Pada penelitian ini penulis mengambil remisi khusus sebagai bahan penelitian. Saat ini Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Kota Muaro Sijunjung dalam memberikan rekomendasi terkait dengan pemberian remisi narapidana di instansi tersebut masih secara manual. Sehingga sering muncul kendala dalam pemberian rekomendasi remisi narapidana dikarenakan membutuhkan waktu yang lama dikarenakan perhitungan manual dan jumlah narapidana yang tida sedikit sehingga tidak efektif dan efesien.. Oleh karena itu Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Kota Muaro Sijunjung membutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu dalam memberikan rekomendasi pemberian remisi narapidana secara akurat berdasrkan kriteria yang telah ditentukan. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis perbandingan terhadap dua metode yaitu metode Simple Additive Weighting (SAW) dan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS), sehingga di dapat metode mana yang paling tepat untuk dibuatkan aplikasi sistem pendukung keputusan rekomendasi pemberian remisi narapidana berdasarkan metode tersebut. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah aplikasi SPK yang dapat mempermudah pihak lapas dalam memberikan rekomendasi pemberian remisi narapidana berdasarkan kriteria yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hasdi Putra, M.T.
Uncontrolled Keywords: SPK, Simple Additive Weighting, Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 26 Nov 2021 07:01
Last Modified: 26 Nov 2021 07:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95123

Actions (login required)

View Item View Item