ANALISIS KANDUNGAN SISA KLOR PADA JARINGAN DISTRIBUSI DISTRICT METER AREA (DMA) 1 BUKIT SURUNGAN PERUMDA AIR MINUM KOTA PADANG PANJANG

Ratika, Elga Putri (2021) ANALISIS KANDUNGAN SISA KLOR PADA JARINGAN DISTRIBUSI DISTRICT METER AREA (DMA) 1 BUKIT SURUNGAN PERUMDA AIR MINUM KOTA PADANG PANJANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover-Abstrak.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
TA FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Sisa klor dalam jaringan distribusi diperlukan untuk menghilangkan bakteri mikroorganisme patogen dari dalam air. Penelitian ini bertujuan menganalisis kandungan sisa klor dan kinerja hidrolis pada jaringan distribusi DMA 1 Bukit Surungan melalui pengambilan sampel di lapangan dan simulasi EPANET. Pengambilan sampel air dilakukan selama tujuh hari pada lima titik sampling. Pengamatan penurunan sisa klor terhadap waktu dilakukan pada outlet terdekat reservoir untuk mendapatkan koefisien penurunan sisa klor koefisien bulk (Kb) dan koefisien wall (Kw). Analisis korelasi dilakukan untuk melihat hubungan parameter jarak, suhu, pH, tekanan dan Escherichia coli terhadap kandungan sisa klor pada jaringan distribusi menggunakan aplikasi SPSS Statistic. Perbandingan hasil simulasi sisa klor dan tekanan dilakukan untuk melihat kesesuaian data simulasi di EPANET terhadap kondisi sebenarnya di lapangan dengan metode Root Mean Square Error (RMSE). Hasil penelitian menunjukkan nilai Kb dan Kw adalah -0,16 dan 1,4. Hasil pengukuran sisa klor menunjukkan seluruh jaringan distribusi DMA 1 telah memenuhi baku mutu namun hasil simulasi menunjukkan empat titik pada kawasan Jalan Hamid Hakim dengan kadar sisa klor di bawah 0,2 mg/L. Nilai RMSE sisa klor dan tekanan adalah 0,120 dan 0,697 yang berarti simulasi sisa klor mendekati keadaan lapangan, namun simulasi tekanan kurang mendekati keadaan lapangan. Hal ini diakibatkan perbedaan data pemakaian air saat pengukuran lapangan dengan simulasi dan kemungkinan kebocoran. Analisis korelasi Pearson terhadap sisa klor untuk jarak -0,754, pH -0,580, suhu -0,846, tekanan -0,817, dan korelasi Spearman sisa klor terhadap Escherichia coli -0,045. Nilai minus mengindikasikan hubungan parameter berbanding terbalik, parameter dengan nilai korelasi tertinggi adalah suhu. Kata kunci: Analisis Korelasi, EPANET, Koefisien Bulk, Koefisien Wall, Sisa Klor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 26 Nov 2021 06:47
Last Modified: 26 Nov 2021 06:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95115

Actions (login required)

View Item View Item