ANALISIS POTENSI ENERGI LISTRIK DARI SEDIMEN TELAGA KOTO BARU SERTA ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI PADA ANODA MICROBIAL FUEL CELL

Anggrek, Diana (2021) ANALISIS POTENSI ENERGI LISTRIK DARI SEDIMEN TELAGA KOTO BARU SERTA ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI PADA ANODA MICROBIAL FUEL CELL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Microbial Fuel Cell (MFC) adalah perangkat yang menggunakan mikroorganisme sebagai biokatalis untuk mengoksidasi zat organik dan anorganik untuk menghasilkan listrik. Pada penelitian ini digunakan sedimen dari Telaga Koto Baru Kabupaten Tanah Datar sebagai substrat MFC. Penelitian bertujuan untuk menganalisis rapat arus listrik yang dihasilkan pada sistem MFC dengan sedimen sebagai substrat, serta mengisolasi dan mengidentifikasi bakteri yang terdapat pada anoda MFC. Penelitian dilakukan menggunakan reaktor MFC dual chamber yang terdiri dari ruang anoda dan ruang katoda yang dipisahkan oleh jembatan garam dan dilengkapi elektroda berupa batang grafit. Penelitian dilakukan selama 40 hari dengan pengukuran rapat arus listrik yang dihasilkan setiap hari. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sedimen Telaga Koto Baru memiliki karakteristik berupa tanah lumpur berwarna coklat kehitaman dengan kandungan karbon organik sebesar 4,64%, nitrogen total 0,36%, dan kadar fosfor sebesar 121,33 ppm. Rapat arus yang dihasilkan MFC dengan menggunakan resistor tetap bernilai 820 Ω ± 5% mencapai puncak produksi pada hari ke-19 dengan nilai sebesar 30,33 mA/m2. Setelah 40 hari aktivitas, kandungan bahan organik mengalami penurunan, yaitu karbon organik menjadi 3,32%, nitrogen total 0,27%, dan kadar fosfor 111,24 ppm. Jenis bakteri yang ditemukan di ruang uji anoda adalah Enterobacter sp.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng Zulkarnaini
Uncontrolled Keywords: Microbial Fuel cell, sedimen, Telaga Koto Baru, rapat arus, bakteri
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 26 Nov 2021 04:57
Last Modified: 26 Nov 2021 04:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95094

Actions (login required)

View Item View Item