Pembuatan dan Pengujian Panel Penyerap Suara Dari Panel Berlubang Mikro Dengan Variasi Bentuk Ruang Kavitasi dan Serat Pengisi

Angga, Yudio Saputra (2021) Pembuatan dan Pengujian Panel Penyerap Suara Dari Panel Berlubang Mikro Dengan Variasi Bentuk Ruang Kavitasi dan Serat Pengisi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir full text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kebisingan merupakan salah satu pencemaran lingkungan yang dapat menyebabkan berbagai efek negatif bagi kesehatan. Salah satu tempat yang sering terjadinya kebisingan adalah di dalam ruangan. Untuk mengatasi kebisingan ini salah satu caranya adalah dengan menggunakan panel berlubang mikro (MPP). MPP merupakan jenis panel berlubang yang sering digunakan untuk mengurangi kebisingan yang terjadi di dalam ruangan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk meningkatkan koefisien redaman suara dari MPP. Dalam penelitian ini akan di uji nilai karekteristik koefisien redaman suara dari MPP dengan material akrilik dengan variasi diameter lubang, jarak antar lubang, dan besar kavitasi udara, selain itu kavitasi udara juga akan diberi rongga atau sekat dengan variasi bentuk rongga serta isian serat kapas dari rongga kavitasi. Hasilnya adalah ketika MPP memiliki jarak antar lubang dan kavitasi udara yang besar maka koefisien redaman suara akan besar dan redamannya akan bergeser ke frekuensi yang lebih rendah. Saat kavitasi udara MPP diberi rongga hasilnya koefisien redaman suara MPP akan meningkat dan dengan menambahkan isian kedalam rongga kavitasi maka hasilnya rentang frekuensi koefisien redaman suara akan semakin besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Eng.Meifal Rusli
Uncontrolled Keywords: Kebisingan, MPP, Karakteristik koefisien redaman suara, Kavitasi udara, diameter lubang, jarak antar lubang, frekuensi.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:55
Last Modified: 18 Jan 2022 02:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95091

Actions (login required)

View Item View Item