Uji Kesesuaian Kinerja Generator dan Tabung Pesawat Sinar-X Merek Siemens Di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Universitas Andalas

Novelia, Tohiri (2021) Uji Kesesuaian Kinerja Generator dan Tabung Pesawat Sinar-X Merek Siemens Di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Utuh .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang uji kesesuaian kinerja generator dan tabung pesawat sinar-X merek Siemens di Instalasi Radiologi RS Universitas Andalas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur parameter-parameter uji kesesuaian generator dan tabung pesawat sinar-X merek Siemens kemudian menganalisis hasil yang didapatkan dengan membandingkan nilai lolos uji berdasarkan Perka BAPETEN No 2 Tahun 2018. Pengukuran dilakukan menggunakan RaySafe X2 R/F Sensor dan RaySafe X2 Survey Sensor yang dilengkapi dengan RaySafe X2 Base Unit mAs sebagai penampil nilai besaran terukur. Parameter yang diuji dalam penelitian ini adalah akurasi tegangan, akurasi waktu penyinaran, linearitas keluaran radiasi, reproduksibilitas, kualitas berkas sinar-X dan kebocoran tabung. Hasil yang didapatkan yaitu persentase error maksimal untuk uji akurasi tegangan sebesar 0,67%, uji akurasi waktu penyinaran sebesar 1,4%, uji linearitas keluaran radiasi dengan nilai CL sebesar 22% untuk fokus besar dan 23,1% untuk fokus kecil, uji reproduksibilitas dengan nilai CV maksimal sebesar 0,000641, uji kualitas berkas sinar-X untuk tegangan 50 kV, 60 kV, 70 kV, 80 kV, dan 90 kV dengan nilai HVL untuk masing-masing tegangan sebesar 1,93 mmAl, 2,36 mmAl, 2,74 mmAl, 3,16 mmAl, 3,54 mmAl, dan uji kebocoran tabung maksimal sebesar 0,069 mGy/jam. Hasil penelitian menunjukkan secara umum pesawat sinar-X merek Siemens memenuhi standar yang telah ditetapkan mengacu kepada Perka Bapeten No 2 Tahun 2018. Hasil yang diperoleh yaitu generator dan tabung pesawat sinar-X merek Siemens dalam kondisi andal dengan perbaikan karena salah satu parameter uji yaitu linearitas keluaran radiasi tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Afdhal Muttaqin, H.S
Uncontrolled Keywords: generator, pesawat sinar-X, tabung sinar-X, uji kesesuaian
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 25 Nov 2021 08:24
Last Modified: 25 Nov 2021 08:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95060

Actions (login required)

View Item View Item