Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Belanja modal, dan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah Provinsi di Regional Sumatera Tahun 2013-2017

Rahmat, Fajri (2021) Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Belanja modal, dan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah Provinsi di Regional Sumatera Tahun 2013-2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh pendapatan asli daerah, belanja modal dan sisa lebih perhitungan anggaran terhadap pertumbuhan ekonomi daerah provinsi di regional Sumatera tahun 2013-2017. Sedangkan produksi pertumbuhan ekonomi daerah dalam penelitian ini adalah kenaikan nilai pendapatan masyarakat pada suatu daerah yakni kenaikan dalam semua nilai tambah yang terdapat pada wilayah tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel yaitu gabungan antara time series yang diperoleh dari tahun 2013 hingga tahun 2017 dan data cross section yang terdiri dari 10 Provinsi dan 3 provinsi dari kabupaten/kota dari perekonomian yang tertinggi, menengah dan terendah yang ada di Sumatera. Analisis pengaruh PAD, belanja modal, dan SiLPA terhadap pertumbuhan ekonomi daerah di masing-masing wilayah provinsi Sumatera dalam periode 2013-2017 dilakukan menggunakan analisis regresi data panel menggunakan tiga model estimasi yaitu model common effect, fixed effect dan random effect. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PAD dan SiLPa berpengaruh positif signifikan. Sedangkan belanja modal negarif tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah. Pada 3 provinsi dari kabupaten/kota seperti Provinsi Riau PAD positif signifikan, belanja modal dan SiLPa positif tidak signifikan. Provinsi Kepulauan Riau PAD positif signifikan, belanja modal positif tidak signifikan,SiLPa negatif tidak signifikan. Provinsi Bengkulu PAD positif signifikan, belanja modal negatif tidak signifikan dan SiLPa negatif signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. H. Firwan Tan, SE, M.Ec. DEA. Ing
Uncontrolled Keywords: PDRB, Pendapatan Asli Daerah (PAD), Belanja Modal, Sisa Lebih Pehitungan Anggaran (SiLPa)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: s1 ekonomi pembagunan
Date Deposited: 25 Nov 2021 04:09
Last Modified: 25 Nov 2021 04:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94951

Actions (login required)

View Item View Item