ANALISIS FUNGSI TERHADAP TRADISI ATIK JALAN TOLAK BALA DI JORONG KOTO TUO NAGARI SIGUNTUR KECAMATAN SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA

Novia, Ahni (2021) ANALISIS FUNGSI TERHADAP TRADISI ATIK JALAN TOLAK BALA DI JORONG KOTO TUO NAGARI SIGUNTUR KECAMATAN SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak dan cover.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I-1.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi LALISA fix print.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai Atik Jalan Tolak Bala yang ada di Jorong Koto Tuo, Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, pentingnya pewarisan sejak dini berguna untuk mempertahankan tradisi dan warisan budaya secara turun temurun didalam kehidupan bermasyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana bentuk dan proses pelaksanaan tradisi atik jalan tolak bala dan menjelaskan bagaimana fungsi tradisi atik jalan tolak bala bagi masyarakat di Jorong Koto Tuo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan perekaman. Hasil penelitian menujukkan bahwa tradisi atik jalan tolak bala pada masyarakat sudah menjadi tradisi yang secara turun temurun dipertahankan dari generasi ke generasi di Jorong Koto Tuo. Bentuk dan proses pelaksanaannya yaitu dengan melakukan ritual yang disertai dengan unsur-unsur yang wajib yaitu obat berupa daun-daun empat macam (sidingin, cik-koghau, sitawau dan sikumpai). Ritual tersebut dilakukan dengan menggabungkan unsur-unsur islam yang dipimpin oleh tetua kampung atau dukun kampung. Sedangkan fungsi dari tradisi atik jala tolak bala sebagai fungsi religus, fungsi sosial, fungsi ekonomi dan sebagai media pengobatan di dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Pramono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Tradisi, Atik Jalan Tolak Bala
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Daerah
Depositing User: s1 sastra minang
Date Deposited: 22 Nov 2021 08:36
Last Modified: 22 Nov 2021 08:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94794

Actions (login required)

View Item View Item