ANALISIS PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT PADA UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT DR. REKSODIWIRYO DI KOTA PADANG TAHUN 2020

Randy, Anugrah Pratama (2021) ANALISIS PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT PADA UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT DR. REKSODIWIRYO DI KOTA PADANG TAHUN 2020. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
BAB VII.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (Tesis Lengkap Randy Anugrah Pratama)
Tesis Lengkap Randy Anugrah Pratama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Latar Belakang : Ketersediaan data dan informasi kesehatan sangat penting dalam pengambilan keputusan di sebuah rumah sakit. Rumah sakit Reksodiwiryo merupakan salah satu rumah sakit yang sudah menerapkan sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) terutama pada unit rawat jalan. Namun permasalahan yang ditemukan belum semua komponen SIMRS digunakan secara maksimal diunit tersebut. Penggunaan SIMRS hanya untuk menunjang layanan saja. Tujuan penelitian ini untuk melihat pelaksanaan SIMRS pada unit rawat jalan rumah sakit Dr. Reksodiwiryo Padang. Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode Purpossive Sampling yang dilakukan di rumah sakit Dr. Reksodiwiryo Padang. Pengumpulan data dengan wawancara dengan 6 orang informan, observasi dan telaah dokumen. Hasil : Saat ini rumah sakit Dr. Reksodiwiryo Padang menggunakan aplikasi SIMRS Khanza dan telah terpasang serta terhubung dimasing-masing unit terutama unit rawat jalan rumah sakit. Namun peran SIMRS saat ini hanya untuk mempermudah pelayanan dan perekapan data pasien saja dan belum digunakan untuk tingkat evaluasi manajemen dan rencana pengembangan rumah sakit. Kesimpulan : Secara umum pelaksanaan SIMRS pada unit rawat jalan sudah terlaksana dan berjalan dengan baik namun hasil data dari SIMRS tersebut belum digunakan secara maksimal karena peran SIMRS hanya untuk mempermudah pelayanan saja. Kata Kunci : SIMRS, Unit Rawat Jalan, Rumah Sakit Dr. Reksodwiryo.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Apt. Ifmaily Ifmaily, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : SIMRS, Unit Rawat Jalan, Rumah Sakit Dr. Reksodwiryo.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 23 Nov 2021 07:01
Last Modified: 23 Nov 2021 07:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94691

Actions (login required)

View Item View Item