EFEKTIFITAS PELAKSANAAN TUGAS PERKUMPULAN PETANI PEMAKAI AIR (P3A) DALAM PENGELOLAAN JARINGAN IRIGASI TERSIER PADA P3A KOLA JAYA DI KELURAHAN KOTO LALANG, KECAMATAN LUBUK KILANGAN, KOTA PADANG

Annisa, Wahyuni (2021) EFEKTIFITAS PELAKSANAAN TUGAS PERKUMPULAN PETANI PEMAKAI AIR (P3A) DALAM PENGELOLAAN JARINGAN IRIGASI TERSIER PADA P3A KOLA JAYA DI KELURAHAN KOTO LALANG, KECAMATAN LUBUK KILANGAN, KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak(2).pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1(2).pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5(2).pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka(1).pdf - Published Version

Download (891kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text (pdf)(3).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan pengelolaan jaringan irigasi tersier oleh P3A Kola Jaya dan (2) mengukur efektivitas pelaksanaan tugas P3A Kola Jaya dalam pengelolaan jaringan irigasi tersier di Kelurahan Koto Lalang, Kecamatan Lubuk Kilangan. Penelitian ini berjenis penelitian studi kasus dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder sedangkan teknik dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, kuisioner dan dokumentasi lapangan. Sampel yang diambil yaitu sebanyak 39 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitaif dan kuantitatif dengan menggunakan skoring. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pelaksanaan tugas oleh P3A Kola Jaya dalam pencapaian tujuannya belum dapat berjalan secara optimal dilihat dari pengelolaan yang dilakukan. Pelaksanaan tugas yang dilakukan P3A Kola Jaya yang kurang dalam melakukan pemantauan pada semua aktivitas dari keseluruhan pengelolaan jaringan irigasi tersier dan juga untuk keikutsertaan petani dalam kegiatan pengelolaan jaringan irigasi tersier yang selalu menjadi kendala. Sehingga berdampak kurang maksimal terhadap pengelolaan jaringan yang dilakukan pada DI Koto Lalang. Pengukuran efektifitas pelaksanaan tugas pada P3A Kola Jaya dalam pengelolaan jaringan irigasi tersier pada DI Koto Lalang berada dalam kategori sedang yaitu pada angka 38,59. Hal ini disebabkan karena dalam pelaksanann tugasnya P3A Kola Jaya pada kegiatan pengelolaan jaringan irigasi sudah dilakukan namun tidak maksimal karena terdapat penilaian yang kurang dari petani anggota P3A Kola Jaya baik dalam hal pengetahuan petani mengenai kegiatan yang diadakan dan keikutsertaan petani dalam megikuti kegiatan yang diadakan sangat minim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Yonariza, MSc. Ph.D
Uncontrolled Keywords: Irigasi Tersier, P3A Kola Jaya, Pengelolaan, Efektivitas
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 19 Nov 2021 08:50
Last Modified: 19 Nov 2021 08:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94686

Actions (login required)

View Item View Item