KAJIAN KOLABORASI MULTIPIHAK DALAM KELEMBAGAAN PENYULUHAN PANGAN TRANSFORMATIF DISEPANJANG AKTIVITAS RANTAI NILAI. (STUDI KASUS : KOMODITI JAGUNG DI KECAMATAN GUGUAK KABUPATEN 50 KOTA)

Andre, Andre (2021) KAJIAN KOLABORASI MULTIPIHAK DALAM KELEMBAGAAN PENYULUHAN PANGAN TRANSFORMATIF DISEPANJANG AKTIVITAS RANTAI NILAI. (STUDI KASUS : KOMODITI JAGUNG DI KECAMATAN GUGUAK KABUPATEN 50 KOTA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan penyuluhan Transformatif dan kolaborasi multipihak pada setiap aktifitas rantai nilai jagung saat ini (praproduksi-produksi-panen dan pascapanen-pemasaran). (2) Menganalisis bentuk kerjasama multipihak yang dibutuhkan dalam kegiatan penyuluhan Transformatif jagung. Pemilihan tempat penelitian dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan Kecamatan Guguak merupakan daerah penghasil jagung terbanyak di Kabupaten 50 Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Deskriptif Eksploratif dan studi literature riview dengan pendekatan kualitatif. Untuk menentukan sampel digunakan metode random sample sederhana. Jumlah responden sebanyak 35 petani jagung dengan 8 informan kunci. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan kegiatan penyuluhan di Kecamatan Guguak belum sepenuhnya terjadi. Penyuluhan yang terjadi saat ini hanya sebatas rantai nilai pra-produksi dan produksi, terkadang penyuluhan mengenai hama dan penyakit, sedangkan penyuluhan pada rantai nilai panen, pasca panen, dan pemasaran belum pernah diberikan. Jika dilihat pada kolaborasi multipihak yang terjadi disepanjang aktifitas rantai nila, kolaborasi yang terjadi hanya antara penyuluh PNS dan penyuluh Swadaya. Bentuk kerjasama Multipihak yang dibutuhkan dalam kegiatan penyuluhan Transformatif jagung adalah Model Penta Helix. 5 sektor yang berperan adalah BP3K Kecamatan Guguak sebagai Regulator, Penyuluh Lapangan (PNS, swadaya, swasta) sebagai pencipta konsep dan inovasi penyuluhan, peternak sebagai pendorong dalam kegiatan penyuluhan, pedagang sebagai penguat dalam kegiatan penyuluhan dan petani sebagai akselerator dalam kegiatan penyuluhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Helmi, MSc, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Penyuluhan Transformatif, Rantai Nilai, Jagung, Model Penta Helix
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:54
Last Modified: 19 Nov 2021 07:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94682

Actions (login required)

View Item View Item