uji fitokimia dan aktivitas ramuan obat tradisional penurun tekanan darah pada tikus putih jantan (rattus norvegicus)

oryza, sativa fitriani (2021) uji fitokimia dan aktivitas ramuan obat tradisional penurun tekanan darah pada tikus putih jantan (rattus norvegicus). Masters thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v kesimpulan dan saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img] Text
tesis full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ramuan obat tradisional penurun tekanan darah berasal dari Provinsi Kalimantan Timur budaya dayak dengan komposisi daun meniran (Phyllanthus niruri L), daun kumis kucing (Orthosiphon aristatus (BI.) Mig), daun ceplukan (Physalis minima L) dan rimpang lempuyang emprit (Zingiberis amaricans L) merupakan tanaman yang banyak mengandung manfaat terutama bagi pengobatan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui golongan senyawa kimia, menentukan kadar golongan senyawa kimia dan efek antihipertensi dari ramuan obat tradisional penurun tekanan darah. Ramuan obat tradisional penurun tekanan darah dibuat dengan cara diseduh dengan air mendidih. Telah dilakukan uji fitokimia pada ramuan obat tradisional penurun tekanan darah mengandung golongan flavonoid, fenol, tanin dan karbohidrat. Penentuan kadar golongan flavonoid, fenol dan tanin dengan spektrofotometer UV-Vis diperoleh 0,6375 % senyawa flavonoid, 3,2412 % senyawa fenol dan 0,6593% senyawa tanin. Pengujian efek antihipertensi dari ramuan obat tradisional penurun tekanan darah dapat memberikan efek penurunan tekanan darah sistol, diastol dan tekanan arteri rata-rata. Kesimpulannya adalah ramuan obat tradisional penurun tekanan darah mengandung golongan senyawa kimia yang dapat membantu menurunkan tekanan darah pada tikus putih jantan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. H harrizul Rivai, MS
Uncontrolled Keywords: traditional medicinal ingredients, phytochemical screening, quantitative analysis, antihypertensive
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 farmasi farmasi
Date Deposited: 17 Nov 2021 08:01
Last Modified: 17 Nov 2021 08:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94561

Actions (login required)

View Item View Item