PENGARUH TRANSFUSI PACKED RED CELL LEUKODEPLETED TERHADAP EFIKASI TRANSFUSI DAN PERUBAHAN KADAR ANTIBODI IMUNOGLOBULIN G PADA PASIEN ANEMIA HEMOLITIK AUTOIMUN

BOBBY, ROJAS (2021) PENGARUH TRANSFUSI PACKED RED CELL LEUKODEPLETED TERHADAP EFIKASI TRANSFUSI DAN PERUBAHAN KADAR ANTIBODI IMUNOGLOBULIN G PADA PASIEN ANEMIA HEMOLITIK AUTOIMUN. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak WM.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 WM.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR WM.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA WM.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL)
makalah lengkap WM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PENDAHULUAN Anemia hemolitik autoimun atau autoimmune hemolytic anemia (AIHA) adalah kondisi klinis di mana antibodi imunoglobulin G (IgG) dan atau imunoglobulin M (IgM) berikatan dengan antigen permukaan sel darah merah dan memulai penghancuran sel darah merah. Transfusi darah untuk pasien AIHA merupakan salah satu metode terapi yang mempunyai serangkaian masalah potensial yang unik karena waktu bertahan hidup yang relatif singkat dari sel darah merah yang ditransfusikan, masking effect adanya aloantibodi sel darah merah oleh autoantibodi sehingga efikasi transfusi tidak tercapai. Tidak tercapainya efikasi transfusi sebagian besar disebabkan oleh adanya aloantibodi yang sebagian besar merupakan IgG. METODE PENELITIAN Penelitian ini adalah penelitian uji klinis yang membandingkan hasil sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok sampel dan kontrol (pretest and postest with control group design) pada pasien AIHA yang mendapat transfusi PRC di Rumah Sakit Dr. M. Djamil, Padang. HASIL Dari 34 sampel, terdapat perbedaan yang signifikan (p<0,05). Rerata respon transfusi pada pasien AIHA yang mendapat PRC leukodepleted yaitu 0,95 ( 0,027 ) dan rerata respon transfusi pada pasien yang mendapat PRC non-leukodepleted yaitu 0,81 ( 0,050). Rerata selisih kadar IgG pada pasien AIHA yang medapat PRC leukodepleted yaitu – 474 (198,18) mg/dl dan rerata selisih kadar IgG pada pasien AIHA yang mendapat PRC non-leukodepleted adalah 14 (121,8) mg/dl. KESIMPULAN Efikasi transfusi pada pasien yang mendapat transfusi PRC leukodepleted lebih tinggi dibandingkan pasien yang mendapat transfusi PRC non-leukodepleted. Disamping itu didapatkan selisih kadar antibodi IgG pada pasien yang mendapat transfusi PRC leukodeplested lebih rendah dibandingkan pasien yang mendapat transfusi PRC non-leukodepleted.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.dr.Irza Wahid, SpPD-KHOM, FINASIM
Uncontrolled Keywords: Anemia hemolitik autoimun, efikasi transfusi, Imunoglobulin G, PRC leukodepleted
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 16 Nov 2021 08:04
Last Modified: 16 Nov 2021 08:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94540

Actions (login required)

View Item View Item