PENGARUH JENIS RANSUM KOMERSIAL DITAMBAH WARETHA PADA MASA PEMULIHAN SETELAH DILAKUKAN PEMBATASAN TERHADAP BOBOT BADAN AKHIR, KARKAS, DAN LEMAK ABDOMEN ITIK RAJA

Retno, Wulandari (2021) PENGARUH JENIS RANSUM KOMERSIAL DITAMBAH WARETHA PADA MASA PEMULIHAN SETELAH DILAKUKAN PEMBATASAN TERHADAP BOBOT BADAN AKHIR, KARKAS, DAN LEMAK ABDOMEN ITIK RAJA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULIUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh jenis ransum komersial ditambah waretha pada masa pemulihan setelah dilakukan pembatasan terhadap bobot badan akhir, karkas, dan lemak abdomen itik raja. Penelitian ini menggunakan 100 ekor DOD itik Raja dan perlakuan dimulai pada minggu ke-2 sampai 10 minggu. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen, dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 kelompok sebagai ulangan, setiap unit ulangan terdiri dari 5 ekor itik Raja. Pada penelitian dibentuk 20 unit percobaan. Perlakuan pada penelitian terdiri dari A (ransum Ad libitum, BR-1), B (pembatasan ransum BR-1 45%, pemulihan menggunakan ransum BR-1), C (pembatasan ransum BR-1 45%, pemulihan menggunakan ransum BR-2), D (pembatasan ransum BR-1 45%, pemulihan menggunakan ransum BR-1+Waretha), dan E (pembatasan ransum BR-1 45%, pemulihan menggunakan ransum BR-2+Waretha). Parameter yang diamati adalah bobot badan akhir, karkas, dan lemak abdomen itik Raja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ransum komersial ditambah Waretha pada masa pemulihan setelah dilakukan pembatasan tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap bobot badan akhir, karkas, dan lemak abdomen itik Raja. Dapat disimpulkan bahwa pemberian ransum komersial BR-1, BR-2, BR-1+Waretha, dan BR-2+Waretha setelah dilakukan pembatasan 45% memberikan respon yang sama dengan kontrol. Pemberian ransum komersial BR-1, BR-2, BR-1+Waretha, dan BR-2+Waretha dapat digunakan pada masa pemulihan itik Raja. Kata Kunci : Itik Raja, Jenis Ransum Komersial, Pemulihan Ransum, Bobot Badan Akhir, Karkas, Lemak Abdomen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Sabrina, M.P.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 teknik industri teknik industri
Date Deposited: 15 Nov 2021 03:29
Last Modified: 15 Nov 2021 03:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94451

Actions (login required)

View Item View Item