PENGARUH PENGGUNAAN AZOLLA (Azolla microphylla) YANG DIFERMENTASI DENGAN JAMUR SHIITAKE (Lentinus edodes) DALAM RANSUM TERHADAP KARKAS BROILER

Rini, Mulyani (2021) PENGARUH PENGGUNAAN AZOLLA (Azolla microphylla) YANG DIFERMENTASI DENGAN JAMUR SHIITAKE (Lentinus edodes) DALAM RANSUM TERHADAP KARKAS BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrack.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1. PENDAHULUAN)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5. KESIMPULAN)
BAB 5. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI RINI MULYANI UPLOAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Fermentasi Azolla (Azolla microphylla) dengan jamur Shiitake (Lentinus edodes) (AMF) dapat meningkatkan protein dan menurunkan serat kasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan batasan level dan mempelajari pengaruh penggunaan Azolla yang difermentasi dengan jamur Shiitake dalam ransum terhadap karkas broiler. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 kali ulangan. Perlakuan adalah level pemberian AMF yang berbeda dalam ransum: A (0% AMF), B (10% AMF), C (15% AMF), D (20% AMF) dan E (25% AMF). Parameter yang diukur adalah bobot hidup, persentase karkas dan persentase lemak abdomen. Hasil analisis sidik ragam menunjukkan bahwa penggunaan produk AMF dengan jamur Shiitake yang berbeda dalam ransum memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap bobot hidup dan persentase karkas serta memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap persentase lemak abdomen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan produk Azolla (Azolla microphylla) yang difermentasi dengan jamur Shiitake (Lentinus edodes) dapat digunakan sampai level 20% dalam ransum dan dapat mempertahankan bobot hidup dan karkas broiler. Pada kondisi ini diperoleh bobot hidup 1410,21 g/ekor, persentase karkas yaitu 61,29% dan lemak abdomen 1,75%. Kata kunci : Azolla microphylla, fermentasi, jamur Shiitake, broiler, karkas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Nuraini, MS
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 teknik industri teknik industri
Date Deposited: 16 Nov 2021 08:12
Last Modified: 16 Nov 2021 08:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94430

Actions (login required)

View Item View Item