TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PUTUSAN TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN YANG MENYEBABKAN MATINYA ORANG (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Padang Nomor 373/Pid.B/2020/Pn Pdg)

Thossy, Sukirwan Citra (2021) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PUTUSAN TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN YANG MENYEBABKAN MATINYA ORANG (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Padang Nomor 373/Pid.B/2020/Pn Pdg). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover Abstrack New.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan New.pdf - Published Version

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
BAB IV Penutup New.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka New.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Negara Indonesia adalah negara hukum sebagaimana yang telah tercantum dalam pasal 1 ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945. Maka dari itu segala sesuatu yang menyangkut dengan hubungan dan aktivitas manusia ditengah-tengah masyarakat diatur oleh suatu aturan hukum dalam menentukan kewajiban sebagai subjek hukum. Hukum merupakan tiang utama dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat maka dari itu Indonesia sebagai negara hukum mempunyai tanggung jawab untuk mewujudkan kedamaian, ketentraman dan ketertiban kepada setiap warga negara. Namun pada nyatanya akan ada saja dijumpai peristiwa-peristiwa kejahatan yang menjadi penyebab terganggunya keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. Seperti pada perkara tindak pidana yang menyebabkan matinya orang pada wilayah hukum Pengadilan Negeri Padang Nomor 373/Pid.B/2020/PN Pdg) Pada kasus ini terdakwa didakwa oleh Jaksa Penuntut Umum dengan 351 ayat (3) KUHP. Dengan tuntutan pidana penjara selama 7 tahun penjara. Majelis Hakim dalam putusannya menjatuhkan putusan pidana penjara selama 4 tahun 6 bulan. Rumusan masalah penelitiannya 1. Pertimbangan Hakim Dalam Menjatuhkan Pidana Terhadap Pelaku Tindak Pidana Penganiayaan Yang Menyebabkan Matinya Orang. 2. Penerapan Pidana Terhadap Pelaku Tindak Pidana Penganiayaan Yang Menyebabkan Matinya Orang. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normative dengan teknik pengumpulan data melalui bahan hukum dalam penelitian (penelitian kepustakaan) dan putusan Pengadilan Negeri Negeri Padang Nomor 373/Pid.B/2020/PN Pdg). serta bacaan lainnya yang ada hubungannya dengan permasalahan yang diteliti berdasarkan bahan hukum sekunder yang diperoleh, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan sudah tepat dan benar yaitu terbukti melanggar pasal 351 ayat (3) KUHP dan menghukum Terdakwa dengan pidana penjara selama 4 (empat) tahun dan 6 (enam) bulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fadillah Sabri, S.H.,M.H.
Uncontrolled Keywords: Putusan, Tindak Pidana Penganiayaan, Matinya Orang
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 12 Nov 2021 07:33
Last Modified: 12 Nov 2021 07:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94411

Actions (login required)

View Item View Item