Uji Total Fenolik Dan Antioksidan Pada Tumbuhan Sirih Hijau (Piper betle L.), Sirih Rimau (Piper porphyrophyllum), Dan Sirih Hutan (Piper cilibracteum C.DC)

Shalshabilla, Nadya (2021) Uji Total Fenolik Dan Antioksidan Pada Tumbuhan Sirih Hijau (Piper betle L.), Sirih Rimau (Piper porphyrophyllum), Dan Sirih Hutan (Piper cilibracteum C.DC). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak Nadya Shalshabilla)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Nadya Shalshabilla)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB PENUTUP)
BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka Nadya Shalshabilla)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Full Skripsi Nadya Shalshabilla)
FULL SKRIPSI NADYA SHALSHABILLA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemanfaatan sebagian besar tumbuhan telah dilakukan sejak dahulu untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tumbuhan sirih merupakan tumbuhan yang cukup sering dimanfaatkan masyarakat sebagai obat kumur, sakit kepala, sakit perut, sakit tulang, sesak nafas , menghilangkan rasa gatal dan lain sebagainya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas antioksidan dan kandungan total fenolik yang ada pada beberapa jenis spesies tumbuhan sirih yaitu sirih hijau (Piper betle L.), sirih rimau (Piper porphyrophyllum), dan sirih hutan (Piper cilibracteum C.DC) dengan beberapa fraksi. Uji aktivitas antioksidan dilakukan dengan metode DPPH dan total fenolik dengan metode Folin-Ciocalteu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan paling tinggi berada pada fraksi etil asetat Piper betle L. dengan nilai IC50 29,01 mg/L sedangkan untuk kandungan total fenolik paling tinggi berada pada fraksi etil asetat Piper porphyrophyllum yaitu 11.752,92 mg GAE/100 gr. Terdapat korelasi negatif antara antioksidan dan total fenolik, hal ini dikarenakan adanya senyawa antioksidan lain selain senyawa fenolik seperti flavonoid, alkaloid, dan terpenoid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Mai Efdi
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 12 Nov 2021 04:31
Last Modified: 12 Nov 2021 04:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94325

Actions (login required)

View Item View Item