ANALISIS KUALITAS MPPT ALGORITMA FUZZY PERTURB AND OBSERVE PADA INTERLEAVED BUCK CONVERTER DALAM OPERASI SISTEM PHOTOVOLTAIC

Rezy, Caniago (2021) ANALISIS KUALITAS MPPT ALGORITMA FUZZY PERTURB AND OBSERVE PADA INTERLEAVED BUCK CONVERTER DALAM OPERASI SISTEM PHOTOVOLTAIC. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover and Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img] Text
Full Text TA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Photovoltaic merupakan salah satu teknologi dalam pemanfaatan energi terbarukan. Pada pengoperasian, cell photovoltaic tidak selalu bekerja pada titik optimumnya, hal ini mengakibatkan berkurangnya efisiensi daya yang dihasilkan oleh Photovoltaic. Untuk dapat memanfaatkan energi listrik Photovoltaic dibutuhkan MPPT (Maximum Power Point Tracking) dan sistem rangkaian konverter yang berfungsi untuk melacak dan mengontrol titik optimum Photovoltaic agar dapat menghasilkan daya maksimal dan dapat disesuaikan pada perangkat kelistrikan yang akan disuplai. Salah satu algoritma MPPT adalah Perturb and Observe. Algoritma ini mampu melacak titik optimum Photovoltaic dengan efisiensi daya yang cukup besar. Namun memiliki kelemahan yakninya lamanya waktu yang dibutuhkan dalam melakukan tracking. MPPT digunakan bersamaan dengan sistem rangkaian konverter, salah satunya Buck Converter. Buck Converter merupakan penurun tegangan DC dari tegangan DC masukannya. Penggunaan Buck Converter menghasilkan ripple tegangan keluaran yang besar, besarnya nilai ripple akan mengakibatkan kerusakan pada perangkat kelistrikan yang akan disuplai. Oleh karena itu, pada penulisan tugas dilakukan perancangan dan pengujian yang menerapkan teknologi Fuzzy pada Perturb and Observe dan teknik Interleaving pada Buck Converter agar dapat menghasilkan sistem pembangkit photovoltaic dengan respon tracking yang cepat dan ripple keluaran yang kecil. Berdasarkan simulasi yang dilakukan, kombinasi MPPT Fuzzy Perturb and Observe dan Interleaved Buck Converter menghasilkan respon tracking yang lebih cepat yakninya selama 14ms dengan efisiensi daya keluaran sebesar 96.28% serta nilai ripple keluaran yang mampu ditekan mencapai 96.55% dari ripple keluaran Buck Converter konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Muhammad Imran Hamid, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Photovoltaic, Fuzzy Perturb and Observe, Buck Converter, Ripple keluaran, Teknik Interleaving.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 17 Nov 2021 04:00
Last Modified: 17 Nov 2021 04:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94287

Actions (login required)

View Item View Item