Hambatan Implementasi Standar Prosedur Operasional Tatalaksana Jenazah COVID-19 dan Kelengkapan Pengisian Surat Keterangan Kematian di RSUP Dr. M. Djamil Padang dan RS Unand

Fatimah, Azahra Zetta (2021) Hambatan Implementasi Standar Prosedur Operasional Tatalaksana Jenazah COVID-19 dan Kelengkapan Pengisian Surat Keterangan Kematian di RSUP Dr. M. Djamil Padang dan RS Unand. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penanganan jenazah COVID-19 dilakukan oleh petugas jenazah rumah sakit sesuai dengan Standar Prosedur Operasional (SPO) yang telah diatur oleh WHO, Persatuan Dokter Forensik Indonesia, dan Kemenkes RI. Dalam prosedur tatalaksana jenazah COVID-19 ini juga terdapat pengisian surat keterangan kematian yang digunakan sebagai persyaratan administrasi untuk izin pemakaman, dan pembuatan akta kematian. Pedoman yang digunakan dalam tatalaksana jenazah COVID-19 merupakan prosedur baru sehingga dalam implementasinya terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terhambatnya pemenuhan standar prosedur operasional. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian mengenai hambatan implementasi standar prosedur operasional tatalaksana jenazah COVID-19 dan kelengkapan pengisian surat keterangan kematian di RSUP Dr. M. Djamil Padang dan RS Unand. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain kualitatif. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Pengumpulan data dengan wawancara mendalam terhadap petugas jenazah, observasi, dan telaah dokumen dari arsip surat keterangan kematian. Hasil penelitian didapatkan hambatan yang dihadapi petugas jenazah COVID-19 berupa adanya respon keluarga yang menolak jenazah ditatalaksana sesuai standar prosedur yang berlaku di Indonesia, dan lamanya transit jenazah COVID-19 dari kamar jenazah ke tempat pemakaman. Dalam hal pengisian surat keterangan kematian sudah cukup baik sehingga untuk keperluan administrasi, pelaporan, serta izin pemakaman bukan menjadi suatu hambatan dalam implementasi standar prosedur operasional tatalaksana jenazah COVID-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Citra Manela, SpFM
Uncontrolled Keywords: Jenazah COVID-19, Petugas Pemulasaran, Hambatan, Surat Keterangan Kematian
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 18 Nov 2021 06:57
Last Modified: 18 Nov 2021 06:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94283

Actions (login required)

View Item View Item