PENGARUH TINGGI PERMUKAAN AIR TERHADAP SERANGAN KEONG MAS (Pomacea canaliculata Lamarck) PADA TANAMAN PADI (Oryza sativa Linnaeus)

Deni, Indrawan (2021) PENGARUH TINGGI PERMUKAAN AIR TERHADAP SERANGAN KEONG MAS (Pomacea canaliculata Lamarck) PADA TANAMAN PADI (Oryza sativa Linnaeus). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I. Pendahuluan)
Bab I. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V. Penutup)
Bab. V Penutup.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Deni Indrawan 1710251013.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keong mas (Pomacea canaliculata Lamarck) adalah salah satu hama utama pada tanaman padi (Oryza sativa Linnaeus) yang tingkat serangannya dipengaruhi oleh berbagai faktor, yang salah satunya ketinggian genangan air di sawah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh tinggi permukaan air terhadap tingkat serangan keong mas (Pomacea canaliculata Lamarck) pada tanaman padi (Oryza sativa Linnaeus. Penelitian ini dilaksanakan di Lahan Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang dari bulan Desember 2020 sampai April 2021. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 6 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan adalah ketinggian permukaan air, yaitu : 0, 1, 3, 5, 7 cm dan kontrol. Parameter pengamatan adalah rumpun terserang (%), anakan terserang (%), jumlah anakan (batang), dan produksi (g/m2) tanaman padi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tinggi permukaan air mempengaruhi tingkat serangan keong mas, baik kerusakan rumpun dan anakan padi. Pada ketinggian air 0 cm keong mas tetap menyerang tanaman padi dengan intensitas serangan rendah dan tidak mempengaruhi produksi. Tingkat serangan keong mas tertinggi terjadi pada kondisi perlakuan ketinggian air 3 cm, dan tidak terjadi perbedaan pada ketinggian air 5, dan 7 cm. Dengan bertambahnya ketinggian permukan air mulai dari 3 cm tidak mempengaruhi pertambahan kerusakan dan kehilangan hasil. Kata kunci : padi, keong mas, genangan air, tingkat kerusakan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Rusdi Rusli, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 10 Nov 2021 07:26
Last Modified: 10 Nov 2021 07:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94273

Actions (login required)

View Item View Item