Penerapan Kualitas Pelayanan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama BPJS Kesehatan Kota Padang dalam Meningkatkan Kepuasan Peserta

Rahmi, Putri Sari (2016) Penerapan Kualitas Pelayanan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama BPJS Kesehatan Kota Padang dalam Meningkatkan Kepuasan Peserta. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
TA full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Setiap peserta berhak memperoleh manfaat jaminan kesehatan yang bersifat pelayanan kesehatan perorangan, mencakup pelayanan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif termasuk pelayanan obat dan bahan media habis pakai sesuai dengan kebutuhan medis yang diperlukan. Jika peserta ingin mendapatkan pelayanan yang baik harus mengikuti prosedur yang ada, pertama-tama harus memperoleh pelayanan kesehatan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama. Bila peserta memerlukan pelayanan kesehatan tingkat lanjut, maka harus dilakukan melalui rujukan oleh fasilitas kesehatan tingkat pertama, kecuali dalam keadaan gawat darurat. Namun, banyak keluhan yang dirasakan masyarakat akan pelayanan dari BPJS yang menimbulkan kekecewaan maupun kekeliruan. Diantaranya ialah keluhan yang tidak tertangani karena fasilitas kesehatan yang terbatas, sampai mengantri panjang, ketidaksopanan dan ketidaktanggapan petugas yang bertugas dalam melayani peserta di fasilitas kesehatan sehingga waktu tunggu peserta untuk diperiksa oleh dokter yang memakan waktu berjam-jam sedangkan peserta yang sakit butuh istirahat, membuat pelayanan kesehatan mengecewakan masyarakat terutama peserta BPJS Kesehatan (Linggasari, 2015). Ada juga komplain pelayanan terhadap rumah sakit yang menyatakan dirinya peserta BPJS kesehatan membayar iuran secara mandiri untuk kelas 1, namun saat berobat dia ditempatkan di kelas 3 dengan alasan kelas 1 penuh (Juwita, 2015). Pelayanan yang baik dibutuhkan dalam sebuah organisasi, dengan adanya pelayanan yang baik dan respon positif dari masyarakat berupa kepuasan, maka akan membentuk suatu kenyamanan bagi masyarakat. Untuk itu berdasarkan uraian diatas penulis akan mencoba membahas mengenai “Penerapan Kualitas Pelayanan pada Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan Kota Padang Dalam Meningkatkan Kepuasan Peserta”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Pemasaran
Depositing User: d3 pemasaran ekonomi
Date Deposited: 24 May 2016 05:11
Last Modified: 24 May 2016 05:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/9427

Actions (login required)

View Item View Item