Analisis Usaha Pengolahan Kedelai Menjadi Tempe (Studi Kasus: Usaha Tempe A-zaki Padang Di Kelurahan Pisang Kecamatan Pauh Kota Padang)

Annisa, Silvia Ananda (2021) Analisis Usaha Pengolahan Kedelai Menjadi Tempe (Studi Kasus: Usaha Tempe A-zaki Padang Di Kelurahan Pisang Kecamatan Pauh Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup))
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text Annisa Silvia Ananda)
Skripsi Annisa Silvia Ananda 1710222010.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil usaha tempe A-zaki Padang yang meliputi gambaran umum usaha, aspek operasional, aspek pemasaran dan aspek keuangan serta menganalisis keuntungan dan titik impas usaha. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus dan perhitungan keuangan menggunakan metode variable costing. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara langsung dengan pimpinan usaha tempe A-zaki Padang serta literatur yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha tempe A-zaki Padang adalah usaha yang bergerak di pangan yang mengolah kedelai menjadi tempe dengan 10 orang tenaga kerja. Pada aspek keuangan modal usaha ini berasal dari dana pribadi sebesar Rp 80.000.000,- dan pada sistem keuangan masih melakukan pencatatan keuangan secara sederhana. Pada aspek pemasaran sudah menggunakan plastik kemasan bermerek dan untuk pendistribusian sebagian besar ke beberapa pasar yang ada di kota Padang seperti pasar Lubuk Buaya, pasar Tabing, Pasar Dadok, Pasar Belimbing, pasar Baru, pasar Lubuk Lintah, pasar Alai, pasar Nanggalo, pasar Bandar Buat dan pasar Gaung serta promosi yang digunakan secara personal selling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha tempe A-zaki Padang memperoleh keuntungan pada periode Februari 2021 sebesar Rp 34.980.750,-. Berdasarkan analisis titik impas pada usaha tempe A-zaki Padang periode Februari 2021, diperoleh impas kuantitas sebanyak 12.442,7 bungkus dengan impas penjualan Rp 49.717.571,4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha tempe A-zaki Padang sudah berada diatas titik impas. Disarankan kepada pihak usaha tempe A-zaki Padang lebih meningkatkan cara promosi agar semua produk yang ditawarkan terserap oleh pasar dan melakukan pencatatan keuangan sesuai dengan kaidah pencatatan akuntansi yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vonny Indah Mutiara, SP. MEM. Ph.D
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Tempe A-zaki Padang, Keuntungan, Titik Impas
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 09 Nov 2021 04:20
Last Modified: 09 Nov 2021 04:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94213

Actions (login required)

View Item View Item