Hubungan Derajat Keparahan Ketoasidosis Diabetik dengan Kadar Natrium Serum pada Pasien DM Tipe 2 di RSUP Dr. M. Djamil Padang

Manggara, Surya Dharma (2021) Hubungan Derajat Keparahan Ketoasidosis Diabetik dengan Kadar Natrium Serum pada Pasien DM Tipe 2 di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Ketoasidosis diabetik (KAD) merupakan keadaan darurat pada pasien DM yang ditandai dengan hiperglikemi, ketonemia dan asidosis. Pada pasien KAD dapat terjadi ganggguan keseimbangan elektrolit tubuh, termasuk natrium. Kadar natrium serum <135 mEq/L sebelum dilakukan tatalaksana dapat menjadi faktor risiko berkembangnya edema serebri dan bisa mengindikasikan tingginya kadar zat osmotik yang tidak terukur dalam darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan derajat keparahan ketoasidosis diabetik dengan kadar natrium serum pada pasien DM tipe 2 di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian dilakukan pada Mei 2021 - September 2021 dengan rancangan studi analitik potong lintang menggunakan data sekunder yang diperoleh dari data rekam medis pasien KAD dengan DM tipe 2 di RSUP Dr. M. Djamil Padang selama periode Januari 2018 – Desember 2019. Data karakteristik umum dan klinis pasien dikumpulkan dan dilakukan uji Chi-Square menggunakan ordinal by ordinal Somer’s D untuk melihat hubungan antara derajat KAD dan kadar natrium serum dengan kemaknaan p≤0,05. Penelitian ini melibatkan 38 pasien KAD dengan DM tipe 2. Tujuh (18,4%) pasien mengalami KAD derajat ringan, 21 (55,3%) sedang, dan 10 (26,3%) berat. Pada pemeriksaan kadar natrium serum pasien didapatkan 21 (55,3%) dengan hiponatremia, 17 (44,7%) bukan hiponatremia. Dari hasil analisis Chi-Square menggunakan ordinal by ordinal Somer’s D, terdapat hubungan yang bermakna antara derajat keparahan KAD dengan kadar natrium serum. (nilai p= 0,050). Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara derajat KAD dengan kadar natrium.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Dinda Aprilia, Sp.PD-KEMD, FINASIM
Uncontrolled Keywords: Ketoasidosis Diabetik, Natrium, DM Tipe-2
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 04 Nov 2021 04:14
Last Modified: 04 Nov 2021 04:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94032

Actions (login required)

View Item View Item