STUDI KASUS : PENYEBAB KELUARGA TIDAK MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN PENCEGAHAN COVID-19 DI RW.06 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KOTA PADANG TAHUN 2021

DEANISA, HASANAH (2021) STUDI KASUS : PENYEBAB KELUARGA TIDAK MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN PENCEGAHAN COVID-19 DI RW.06 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KOTA PADANG TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB AKHIR PENUTUP.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img] Text (KIA Full Text)
KIA_DEANISA HASANAH_2041312034 (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menjadi tantangan global, sehingga upaya pencegahan sejak dini harus diterapkan seperti pencegahan infeksi, deteksi virus dini dan indentifikasi protokol pengobatan yang memberikan penilaian terbaik dalam mengendalikan penyebaran. Pencegahan yang bisa dilakukan masyarakat yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Keluarga memiliki peran yang penting dalam memberikan pengetahuan, kesadaran dan memperbaiki perilaku kesehatan pada anggota keluarganya. Kepatuhan keluarga dalam penerapan protokol kesehatan sangat penting untuk diperhatikan dan diterapkan dengan tertib agar bisa memutus mata rantai penularan virus Covid-19 ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab keluarga tidak menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus eksplorasi. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Jumlah partisipan pada penelitian ini sebanyak 5 orang dengan menggunakan wawancara terbuka. Analisa data pada penelitian ini yaitu analisa tematik. Hasil penelitian ini didapatkan tema yaitu inkonsistensi penerapan protokol kesehatan dengan sub tema sikap dalam penerapan protokol kesehatan, alasan fisik, alasan individu, serta alasan peraturan penyebab tidak menerapkan protokol kesehatan. Saran dari hasil penelitian ini yaitu diharapkan agar keluarga dapat lebih tertib dan lebih patuh lagi dalam menerapkan protokol kesehatan ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nelwati, S.Kp, MN, PhD
Uncontrolled Keywords: Protokol kesehatan, Penyebab, Keluarga
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 01 Nov 2021 08:09
Last Modified: 01 Nov 2021 08:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93965

Actions (login required)

View Item View Item