ARIEF, BUDI ANTONO (2016) SISTEM KOMPENSASI KARYAWAN PADA BANK NAGARI CABANG UNP. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (bab 1)
bab1.pdf - Published Version Download (430kB) | Preview |
|
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (223kB) | Preview |
|
Text (ta full text)
Ta full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Sejalan dengan pola pikir masyarakat yang terus berkembang, manusia selalu senantiasa berkeinginan untuk meningkatan status sosialnya, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk keluarga. Sebagai tindak lanjut dari hal tersebut, maka ia akan berusaha untuk meraih suatu posisi dan prestasi serta menuntut imbalan yang pantas dan sesuai dengan posisi dan prestasi yang diraihnya. Sitem kompensasi merupakan suatu mekanisme penting di dalam mendorong dan memotivasi manajer dan karyawan untuk lebih berprestasi di dalam pencapaian tujuan perusahaan. Pengertian umum mengenai kompensasi adalah “sebagai imbalan balas jasa yang diberikan perusahaan kepada karyawan yang telah memberikan kontribusi di dalam pencapaian tujuan perusahaan”. Secara umum kompensasi dibagi kedalam 2 aspek yaitu : 1. Kompensasi Positif Kompensasi atas keberhasilan di dalam meningkatkan kinerja dan kepuasan masing-masing individu. 2. Kompensasi Negatif konsekwensi yang didapat atas hasil yang tidak mengembirakan sejalan dengan penurunan kepuasan individu. 2 Menurut Robert N. Anthony dan Vijay Govindrajan dalam bukunya ‘Management Control System’ menyatakan bahwa ada 3 (tiga) paket di dalam manajemen kompensasi yaitu: 1. Gaji 2. Tunjangan 3. kompensasi insentif Kompensasi berupa gaji dan tunjangan sudah merupakan kompensasi umum yang mutlak dan suatu keharusan yang dibayarkan perusahaan kepada karyawannya. Tetapi lain halnya dalam kompensasi insentif, bersifat khusus dimana kompensasi tersebut merupakan penghargaan di dalam bentuk uang yang diberikan kepada karyawan atas keberhasilan atau prestasi yang mencapai atau melewati target yang telah ditetapkan sebelumnya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kompensasi insentif tersebut sangat berhubungan denagn efektifitas sitem pengendalian manajemen. Oleh karena itu, suatu organisasi atau perusahaan harus dapat memberikan imbalan yang seadil-adilnya sesuai dengan produktifitas karyawan. Sistem pemberian imbalan ini lebih dikenal dengan dengan istilah kompensasi , sebagai salah satu fungsi manajemen personalia , maka kompensasi yang menitik beratkan pada suatu langkah dalam menentukan system upah atau gaji yang tepat dan dapat meningkatkan keuntungan organisasi serta memberikan kepuasan kepada karyawan 3 Sietem kompensasi yang jelas dan tepat akan memotivasi karyawan untuk selalu meningkatkan produktifitas kerjanya, sehingga sasaran kompensasi agar memperoleh karyawan yang tangguh, cakap, ulet, bertanggung jawab, dan dapat dipercaya serta berdidekasi tinggi terhadap perusahaan dapat tercapai, dalam menyesuaikan system kompensasi ini penulis meninjaunya pada PT Bank Nagari Sistem Kompensasi karyawan pada bank ini sangat penting untuk kelancaran kerja dan mendorong karyawan berprestasi lebih tinggi, dengan demikian produktifitas karyawan dan Bank Pembangunan Daerah akan meningkat. Berdasarkan uraian tersebut diatas penulis terinspirasi untuk meninjau dan membahas masalah yang menyangkut Sistem Kompensasipada PT Bank Pembangunan Daerah dalam bentuk laporan kerja praktek dengan judul “SISITEM KOMPENSASI KARYAWAN PADA PT BANK NAGARI CABANG PEMBANTU UNIVERSITAS NEGERI PADANG”
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D3 Keuangam |
Depositing User: | d3 keuangan perbankan |
Date Deposited: | 23 May 2016 08:11 |
Last Modified: | 23 May 2016 08:11 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/9385 |
Actions (login required)
View Item |