JENIS-JENIS HEWAN VERTEBRATA YANG MENGUNJUNGI LOKASI KOTORAN BERANG-BERANG CAKAR KECIL (Aonyx cinereus) DI AREA PERSAWAHAN LUBUK ALUNG

HANAFI, MA'RUF (2020) JENIS-JENIS HEWAN VERTEBRATA YANG MENGUNJUNGI LOKASI KOTORAN BERANG-BERANG CAKAR KECIL (Aonyx cinereus) DI AREA PERSAWAHAN LUBUK ALUNG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover and Abstrak.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Penutup dan Kesimpulan))
BAB V (Penutup dan Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI_FullText_(Hanafi_Ma'ruf).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam dekade terakhir telah banyak mendorong munculnya ide-ide baru. Kotoran merupakan salah satu objek yang cukup banyak diteliti dan diambil manfaatnya untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yaitu diantaranya sebagai sumber energi terbarukan seperti bahan baku pembuatan pupuk organik, biogas dan pengganti bahan baku fosil. Serta dijadikannya kotoran sebagai sarana untuk mempelajari kajian ilmu dibidang ekologi, molekuler dan banyak manfaat lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis hewan vertebrata yang mengunjungi lokasi kotoran berang-berang cakar kecil (Aonyx cinereus) di area persawahan Lubuk Alung. Penelitian ini telah dilakukan dari bulan Januari sampai dengan April 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei langsung di lapangan dan metode survey dengan menggunakan perangkap kamera. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan sebanyak 23 jenis hewan vertebrata yang tergolong kedalam 4 kelas, 13 ordo dan 18 famili. Dimana aves merupakan kelas yang paling banyak ditemukan pada lokasi kotoran berang-berang cakar kecil yaitu sebanyak 9 spesies, dan kelas yang paling sedikit ditemukan yaitu dari kelas reptil sebanyak 2 spesies. Sedangkan Canis familiaris merupakan jenis yang paling banyak dijumpai pada setiap titik lokasi kotoran berang-berang cakar kecil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aadrean
Uncontrolled Keywords: Berang-berang, Kotoran, Mengunjungi, Vertebrata
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 01 Nov 2021 07:02
Last Modified: 01 Nov 2021 07:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93698

Actions (login required)

View Item View Item