PERAN KOMUNITAS KONSERVASI INDONESIA WARSI DALAM PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN AGROFORESTRI KOPI NAGARI SIRUKAM KECAMATAN PAYUNG SEKAKI KABUPATEN SOLOK

Amalia, Aris Saraswati (2021) PERAN KOMUNITAS KONSERVASI INDONESIA WARSI DALAM PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN AGROFORESTRI KOPI NAGARI SIRUKAM KECAMATAN PAYUNG SEKAKI KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Upaya-upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan salah satunya melalui agroforestri yang menunjang Perhutanan Sosial. Agroforestri memanajemen pemanfaatan lahan secara optimal dan lestari dengan cara mengkombinasikan kegiatan kehutanan dan pertanian pada pengelolaan lahan yang sama dengan memperhatikan kondisi lingkungan fisik, sosial, ekonomi dan budaya masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan peran pendampingan KKI Warsi dalam pelaksanaan pengembangan agroforestri kopi di Nagari Sirukam, dan (2) Mendeskripsikan persepsi penerima manfaat program terkait peran pendampingan KKI Warsi terhadap pengembangan agroforestri kopi di Nagari Sirukam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Studi Kasus. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian, peran KKI Warsi dalam pendampingan pengembangan agroforestri kopi di Nagari Sirukam yaitu peran fasilitator, pendidik, perwakilan masyarakat dan peran teknis lainnya. Berdasarkan persepsi penerima manfaat, KKI Warsi dalam melaksanakan perannya dinilai sangat baik oleh masyarakat dengan skor penilaian keseluruhan 764.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ferdinal Asful, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: AGROFORESTRI, KOPI, PENDAMPINGAN
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 08 Nov 2021 04:19
Last Modified: 08 Nov 2021 04:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93646

Actions (login required)

View Item View Item