PELAKSANAAN PUTUSAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN(BPSK) DALAM PEMBIAYAAN KONSUMEN PADA PERKARA NOMOR : 019/P3K/III/2015 DI KOTA PADANG

Ticia, Melgian (2016) PELAKSANAAN PUTUSAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN(BPSK) DALAM PEMBIAYAAN KONSUMEN PADA PERKARA NOMOR : 019/P3K/III/2015 DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abtrak.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI.docx 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PELAKSANAAN PUTUSAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) DALAM PEMBIAYAAN KONSUMEN PADA PERKARA NOMOR :019/P3K/III/2015 DI KOTA PADANG (TiciaMelgian, 1210111016, Fakultas Hukum Universitas Andalas, 65 Halaman, Tahun 2016 ) ABSTRAK Pada era globalisasi saat ini terjadi perkembangan perekonomian yang sangat pesat yakni semakin meningkat dan bervariasinya kebutuhan masyarakat yang menyebabkan semakin meningkat pola produktifitas dari kalangan dunia usaha dan perusahaan baik terhadap produksi barang maupun bisnis jasa-jasa tertent. Salah satunya kegiatan bisnis jasa yang dikelola oleh lembaga keuangan, baik lembaga keuangan bank, lembaga keuangan bukan bank maupun lembaga pembiayaan.Untuk mendapatkan jasa pembiayaan dari lembaga pembiayaan konsumen, calon konsumen harus melakukan perjanjian dengan pelaku usaha. Dengan adanya perjanjian antara konsumen dan pelaku usaha, maka lahirlah hubungan hukum diantara mereka yaitu adanya hak dan kewajiban bagi masing-masing pihak. Namun dalam praktiknya, dalam kegiatan bisnis antara pelaku usaha dan konsumen, seringkali terjadi persoalan yang dapat menimbulkan kerugian pada kedua belah pihak terutama konsumen seringkali dianggap sebagai pihak yang lemah berhadapan dengan pelaku usaha atau kalangan perusahaan yang dianggap lebih kuat. Perumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalahBagaimanaProsedurPenyelesaianSengketaKonsumenPadaPerkara No: 019/P3K/III/2015 di BPSK Kota Padang, Apa Pertimbangan Hakim Dalam Memutus Perkara No: 019/P3K/III/2015 di Kota Padang dan bagaimana Pelaksanaan Putusan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen terhadap Perakara No: 019/P3K/III/2015 di Kota Padang.Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat dijelaskan bahwa ProsedurdalamPenyelesaianSengketa di BPSK Kota Padang dilaksanakandengancara yang cepat, sederhanadantidakberbelit-belitsertaHakim dalam menjatuhkan putusannya telah sesuai dengan azas dan ketentuan Hukum Acara Perdata pada umumnya.Dalam pelaksanaan putusan Majelis Hakim dinilai telah memiliki rasa keadilan bagi para pihak yang bersengketa. Hal ini terlihat begitu konsisten dan bertanggung jawabnya para pihak dalam melaksanakan putusan tersebut. Saran dari penulis sebaiknya Agar setiap perkara yang menjadi kewenangan dan yang dilimpahkan kepada BPSK dapat terselesaikan dengan cara-cara yang lebih persuasive terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: s1 ilmu hukum
Date Deposited: 23 May 2016 04:22
Last Modified: 23 May 2016 04:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/9364

Actions (login required)

View Item View Item