Karakteristik Mikrohabitat dan Morfologi Kantong Semar (Nepenthes singalana Becc.) di Gunung Singgalang dan Gunung Kerinci.

Adrial, Ikhwan (2021) Karakteristik Mikrohabitat dan Morfologi Kantong Semar (Nepenthes singalana Becc.) di Gunung Singgalang dan Gunung Kerinci. Masters thesis, Univeristas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Nepenthes merupakan spesies tumbuhan yang dilindungi dan sebagian besar spesies Nepenthes dataran tinggi tergolong dalam kategori terancam. Pertumbuhan dan perkembangan nepenthes dipengaruhi oleh faktor-faktor abiotik dan biotik dihabitatnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor lingkungan biotik dan abiotik yang mempengaruhi keberadaan dan pertumbuhan N.singalana di Gunung Singgalang dan Gunung Kerinci. Pembuatan plot dilakukan disetiap lokasi secara purposive sampling dengan ukuran 10x10m sebanyak 4 plot dimasing-masing lokasi. Selanjutnya dilakukan pengamatan biotik tumbuhan yang ada disekitar habitat N. singalana serta faktor abiotik seperti ketinggian, intensitas cahaya, suhu dan kelembaban udara, kanopi, unsur hara tanah dan pH tanah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa famili tumbuhan yang mendominasi dikedua lokasi adalah Ericaceae. Kedua lokasi penelitian ini memiliki indeks kesamaan yang rendah yaitu 16%. Namun demikian, terdapat beberapa tumbuhan yang ditemukan dikedua lokasi, yaitu Symplocos sp., (Symplocaceae) dan Rhododendron retusum (Ericaceae). Berdasarkan analisis PCA diketahui bahwa terdapat 2 principal component yang mempengaruhi keberadaan N. singalana, yaitu PC1 berkorelasi positif intensitas cahaya, suhu, N, C dan berkorelasi negatif terhadap kelembaban (58.5%). PC2 berkorelasi positif terhadap ketinggian dan kanopi namun berkorelasi negatif terhadap pH (29.6%).

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Chairul, MS
Uncontrolled Keywords: Nepenthes, N. singalana, Mikrohabitat, PCA.
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S2 Biologi biologi
Date Deposited: 26 Oct 2021 06:27
Last Modified: 26 Oct 2021 06:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93438

Actions (login required)

View Item View Item