EFEK SISA KOMPOS BUBUK DAN GRANUL JERAMI PADI PLUS TITONIA TERHADAP CIRI KIMIA REGOSOL SERTA PRODUKSI CAISIM (Brassica juncea L.) PADA TANAM KETIGA

Mai, Sukma Sari (2021) EFEK SISA KOMPOS BUBUK DAN GRANUL JERAMI PADI PLUS TITONIA TERHADAP CIRI KIMIA REGOSOL SERTA PRODUKSI CAISIM (Brassica juncea L.) PADA TANAM KETIGA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Efek sisa kompos jerami padi plus titonia tanam pertama masih berpengaruh pada tanam kedua, bahkan menghasilkan bobot basah bawang merah (dua kali lipat dari tanam pertama). Apakah pada tanam ketiga masih berpengaruh belum diketahui, sehingga diperlukan penelitian lanjutan. Setelah tanam kedua, tanah diberakan selama dua bulan baru dilakukan tanam ketiga dengan caisim (Brassica juncea L.). Tujuan penelitian untuk mempelajari pengaruh interaksi efek sisa bentuk kompos dan dosis terhadap ciri kimia Regosol pada awal tanam ketiga serta produksi caisim. Penelitian telah dilakukan di Rumah Kawat dan Laboratorium Tanah Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap Faktorial dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah efek sisa bentuk kompos (bubuk dan granul). Faktor kedua efek sisa dosis kompos (0. 10. 20. 30. 40 dan 50 ton/ha). Parameter tanah yang dianalisis adalah pH, P- tersedia, C-organik, N-total, KTK dan basa-basa (Ca-dd, Mg-dd dan K-dd). Untuk parameter tanaman yaitu tinggi, bobot, dan angkutan hara (N, P dan K). Data tanah disesuaikan dengan tabel kriteria penilaian ciri kimia tanah, sedangkan data tanaman diolah secara statistik menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek sisa bentuk kompos dan dosis kompos pada awal tanam ketiga masih mampu meningkatkan ciri kimia Regosol yaitu pH, P-tersedia, C- Organik, N-total, KTK dan kandungan basa-basa (Ca-dd, Mg-dd dan K-dd) tanah. Terdapat interaksi antara efek sisa bentuk kompos dan efek sisa dosis kompos pada angkutan hara K tanaman. Sisa dosis optimal yaitu 10 ton/ha pada sisa kompos bubuk dan pada sisa kompos granul. Efek sisa bentuk kompos pada awal tanam ketiga masih mampu meningkatkan ciri kimia Regosol, yang terbaik yaitu bentuk granul. Sisa dosis kompos pada awal tanam ketiga masih mampu meningkatkan ciri kimia Regosol. Seiring peningkatan dosis kompos ciri kimia Regosol juga meningkat. Pengaruh utama efek sisa dosis kompos pada tanam ketiga diperoleh yang optimal sisa dosis 40 ton/ha untuk tinggi tanaman (41,16 cm) dan bobot segar tanaman 127,45 g/polybag. Angkutan hara N dan P terbaik diperoleh pada sisa dosis 40 ton/ha yaitu 4,55% dan 0,038%, secara berturut-turut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Gusnidar, MP
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : caisim (Brassica juncea L.), kompos jerami padi plus titonia, regosol, sisa kompos bubuk, sisa kompos granul, tanam ketiga.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:46
Last Modified: 25 Oct 2021 04:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93415

Actions (login required)

View Item View Item