AKTIVITAS EKSTRAK DAUN Tephrosia vogelii DAN BUAH Piper aduncum UNTUK MENEKAN PERKEMBANGAN NEMATODA BENGKAK AKAR (Meloidogyne spp.) PADA TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.)

Beny, Rahmadani (2021) AKTIVITAS EKSTRAK DAUN Tephrosia vogelii DAN BUAH Piper aduncum UNTUK MENEKAN PERKEMBANGAN NEMATODA BENGKAK AKAR (Meloidogyne spp.) PADA TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Beny Rahmadani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nematoda Meloidogyne spp. merupakan salah satu organisme pengganggu tanaman (OPT) utama pada tanaman tomat yang menyebabkan penyakit bengkak akar pada tanaman tomat. Nematisida botani dari ekstrak daun Tephrosia vogelii dan ekstrak buah Piper aduncum berpotensi dalam mengendalikan nematoda bengkak akar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letal konsentrasi (LC50 dan LC95) dari ekstrak daun T. vogelii dan ekstrak buah P. aduncum terhadap nematoda bengkak akar (Meloidogyne spp.). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua pengujian yaitu in-vitro dan in-planta. Pengujian in-vitro terdiri dari uji pendahuluan dengan 3 perlakuan dan 3 ulangan serta uji lanjutan dengan 6 perlakuan dan 5 ulangan. Pengujian in-planta dengan 4 perlakuan dan 6 ulangan. Hasil pengujian secara in-vitro menunjukkan bahwa kedua namatisida botani mampu menekan perkembangan larva nematoda Meloidogyne spp. Nilai LC50 untuk ekstrak daun T. vogelii adalah 0,05% dan LC95 sebesar 0,41%, nilai LC50 untuk pada ekstrak buah P. aduncum adalah 0,04% dan LC95 sebesar 0,24%. Hasil pengujian secara in-planta menujukkan bahwa pemberian ekstrak daun T. vogelii pada 2xLC95 (0,82%) menunjukkan efektivitas pada penekanan perkembangan nematoda bengkak akar sebesar 63,13%, sedangkan ekstrak buah P. aduncum pada 2xLC95 (0,48%) menunjukkan efektivitas sebesar 58,46%. Kata kunci: Bengkak akar, Tephrosia vogelii, Piper aduncum, Meloidogyne spp., tomat

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eka Candra Lina, S.P, MSi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:28
Last Modified: 25 Oct 2021 04:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93222

Actions (login required)

View Item View Item