Analisis Faktor Risiko Usia, Status Gravida, dan Indeks Massa Tubuh terhadap Kejadian Preeklampsia Berat pada Ibu Bersalin di RSUP Dr. M. Djamil Padang Periode 1 Januari 2020 - 31 Desember 2020

Shafana, Vinda Shabira (2021) Analisis Faktor Risiko Usia, Status Gravida, dan Indeks Massa Tubuh terhadap Kejadian Preeklampsia Berat pada Ibu Bersalin di RSUP Dr. M. Djamil Padang Periode 1 Januari 2020 - 31 Desember 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Preeklampsia merupakan kondisi sindroma spesifik pada kehamilan berupa berkurangnya aliran darah menuju plasenta yang disebabkan oleh vasokontriksi dan aktivasi endotel yang pada akhirnya dapat mengenai seluruh sistem organ. Pada preeklampsia berat sering disertai dengan perburukan maternal dan janin sehingga berujung pada terminasi kehamilan. Preeklampsia dapat disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya adalah usia, status gravida, dan indeks masa tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar risiko usia, status gravida, dan IMT terhadap kejadian preeklampsia berat. Selain itu, pada penelitian ini juga akan diketahui faktor yang paling dominan terhadap kejadian preeklampsia berat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian Case Control. Kelompok kasus penelitian ini adalah ibu bersalin dengan preeklampsia berat dan kelompok kontrol penelitian ini adalah ibu bersalin tanpa preeklampsia periode 1 Januari 2020 - 31 Desember 2020. Penelitian ini dilakukan di RSUP Dr. M. Djamil Padang pada bulan Mei 2021 - Juni 2021 dengan jumlah sampel untuk masing-masing kelompok adalah 97 sampel, sehingga didapatkan 194 sampel total. Data yang digunakan berupa data sekunder dari rekam medis. Analisis data yang digunakan berupa analisis bivariat dengan uji statistik chi square dan analisis multivariat dengan uji statistik regresi logistik ganda. Hasil dari penelitian ini didapatkan hasil yang signifikan antara preeklampsia berat dengan usia (p=0,006 ; OR=3,18), status gravida (p=0,005 ; OR=0,41), dan indeks massa tubuh (p=0,000 ; OR=7,99). Dari hasil analisis multivariat faktor risiko yang paling dominan adalah indeks massa tubuh (p=0,000 ; OR=7,99). Kesimpulan penelitian ini adalah usia risiko tinggi dan obesitas merupakan faktor risiko kejadian preeklampsia berat, sedangkan primigravida merupakan faktor protektif terhadap kejadian preeklampsia berat. Pada penelitian ini juga menemukan bahwa obesitas merupakan faktor risiko paling dominan terhadap kejadian preeklampsia berat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. dr. Masrul, M.Sc, Sp.GK
Uncontrolled Keywords: Preeklampsia berat, usia, status gravida, indeks massa tubuh
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 27 Oct 2021 08:24
Last Modified: 27 Oct 2021 08:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93170

Actions (login required)

View Item View Item