STUDI KASUS: KESIAPSIAGAAN KADER KESEHATAN RW.06 KELURAHAN PASIE NAN TIGO SETELAH DIBERIKAN PENYULUHAN DAN SIMULASI BENCANA GEMPA BUMI

Kintan, Resqitha Ekaputri (2021) STUDI KASUS: KESIAPSIAGAAN KADER KESEHATAN RW.06 KELURAHAN PASIE NAN TIGO SETELAH DIBERIKAN PENYULUHAN DAN SIMULASI BENCANA GEMPA BUMI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 KINTAN.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img] Text (KIA FULL TEXT)
KIA FULL TEXT KINTAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bencana gempa bumi merupakan kejadian yang tidak dapat dihindari dan terjadi secara mendadak. Selama sepuluh tahun terakhir (2009-2019) terdapat 3 gempa besar mengguncang kota Padang. Hal ini dikarenakan kota Padang diapit oleh dua patahan gempa yaitu patahan Semangko dan patahan Megathrust. Kader kesehatan merupakan seseorang yang paling dekat dengan masyarakat dan mengetahui dengan baik terkait kondisi wilayahnya. Kader kesehatan memilki peran yang penting dalam kesiapsiagaan bencana seperti memberikan informasi kepada masyarakat terkait hal yang dilakukan pada saat bencana dan pasca bencana. Pada tanggal 7-12 Juni 2021 telah dilaksanakan pelatihan kesiapsiagaan dan simulasi bencana kepada seluruh kader dan masyarakat RW.06 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi kesiapsiagaan kader kesehatan RW.06 Kelurahan Pasie Nan Tigo setelah diberikan penyuluhan dan simulasi bencana gempa bumi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kriteria inklusi partisipan pada penelitian ini adalah kader kesehatan RW.06 Kelurahan Pasie Nan Tigo, kader kesehatan yang telah mengikuti penyuluhan dan simulasi bencana gempa bumi di RW.06 Kelurahan Pasie Nan Tigo, dan bersedia menjadi partisipan. Dari hasil penelitian didapatkan tiga tema. Pertama, pengetahuan setelah diberikan penyuluhan dan simulasi bencana gempa bumi dimana semua partisipan mengatakan pengetahuannya cenderung bertambah, yang sebelumnya tidak mengetahui apa yang dipersiapkan sekarang sudah mengetahuinya. Kedua, rencana tanggap darurat dimana partisipan sudah menyiapkan perencanaan penyelamatan keluarga, rencana evakuasi, dan perlengkapan siaga bencana. Dan yang terakhir adalah peran kader dalam menghadapi bencana dimana kader sudah mengetahui perannya dalam kesiapsiagaan bencana gempa bumi tetapi belum dilakukan dalam pengaplikasiannya. Maka dari itu, diharapkan untuk kader kesehatan agar dapat meningkatkan pengetahuannya terkait kesiapsiagaan bencana gempa bumi seperti dalam penyelamatan keluarga, rencana evakuasi, dan perlengkapan yang dipersiapkan serta diharapkan kader dapat mengaplikasikan perannya di lingkungannya kepada masyarakat. Kata kunci : kader kesehatan, gempa bumi, kesiapsiagaan Daftar pustaka : 40 (2006-2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Feri Fernandes, M.Kep., Sp.Kep.J
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 Oct 2021 04:11
Last Modified: 22 Oct 2021 04:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93103

Actions (login required)

View Item View Item