Amobilisasi Enzim Papain dari Buah Pepaya Muda (Carica papaya .L) dengan Metoda Entrapment Menggunakan Matriks Kalsium Alginat

Nabila, Annisa Frina (2021) Amobilisasi Enzim Papain dari Buah Pepaya Muda (Carica papaya .L) dengan Metoda Entrapment Menggunakan Matriks Kalsium Alginat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (penutup))
BAB akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Annisa Frina Nabila)
SKRIPSI ANNISA FRINA NABILA 1710411033.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Enzim papain (EC. 3.4.22.2) yang diisolasi dari buah pepaya muda diamobilisasi menggunakan metoda entrapment dengan matrik kalsium alginat. Enzim papain diisolasi dari buah pepaya muda dan dilakukan pemurnian bertingkat menggunakan aseton. Amobilisasi dilakukan dengan memvariasikan konsentrasi natrium alginat 2%, 3% dan 4%. Konsentrasi protein enzim papain ditentukan dengan metoda Bradford, aktivitas enzim papain dengan menggunakan substrat kasein. Untuk menentukan stabilitas enzim amobil dilakukan pengukuran aktivitas pada pemakaian berulang. Fraksi 60% aseton adalah fraksi terbaik dalam pemurnian enzim menggunakan aseton dengan kadar protein dan aktivitas spesifik berturut-turut 821 mg/L dan 17,125 Unit/mg. Dengan menggunakan konsentrasi alginat 4% (b/v) didapatkan efektivitas amobilisasi enzim papain sebesar 60,29%. Enzim papain amobil mempunyai pH optimum yang sama dengan enzim papain bebas yaitu pH 7. Enzim papain bebas mempunyai suhu optimum 60oC sedangkan papain amobil mempunyai suhu optimum 70oC. Pada kondisi pH dan suhu optimum enzim papain amobil mempunyai aktivitas 21,745 unit/mL, aktivitas enzim papain bebas 19,362 unit/mL. Data FTIR menunjukkan bahwa terjadi amobilisasi enzim papain dengan menggunakan kalsium alginat. Papain amobil mampu digunakan berulang hingga 4 kali pengulangan dan mempertahankan aktivitas dengan stabilitas sebesar 68,19% dari aktivitas awal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Zulkarnain Chaidir d
Uncontrolled Keywords: Papain, Alginat, Amobilisasi, Entrapment
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QK Botany
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 21 Oct 2021 08:25
Last Modified: 21 Oct 2021 08:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93098

Actions (login required)

View Item View Item