Analisa Kinerja Algoritma Penjadwalan Load Balancing untuk Aplikasi DNS dengan Topologi NAT

Nurfadhilla, - (2021) Analisa Kinerja Algoritma Penjadwalan Load Balancing untuk Aplikasi DNS dengan Topologi NAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover+Abstrak.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Nurfadhilla - FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju membuat banyak orang mengakses internet. Meningkatnya pengguna internet ini memiliki dampak yang besar terhadap protokol komunikasi data internet, termasuk DNS server. DNS server merupakan aplikasi yang berfungsi untuk menerjemahkan IP Address ke sebuah nama alamat/domain atau sebaliknya yang berada pada protokol transport UDP. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengimplementasikan sistem load balancing menggunakan Linux Virtual Server. Linux Virtual Server memiliki sepuluh algoritma penjadwalan yang berfungsi untuk mendistribusikan beban dari client ke server. Pada penelitian ini, diimplementasikan load balancing pada cluster DNS server dengan topologi Network Address Translation (NAT), kemudian dipilih salah satu dari sepuluh algoritma penjadwalan tersebut yang paling efektif untuk diterapkan berdasarkan parameter response time dan throughput. Hasil penelitian menunjukkan kinerja algoritma penjadwalan yang terbaik dan efektif untuk diterapkan pada DNS server dengan topologi NAT adalah algoritma penjadwalan Destination hashing (DH) yang memiliki nilai rata-rata response time sebesar 1,00383 detik dan memiliki nilai throughput rata-rata sebesar 1683,83 bps.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Darmawan, S.T., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Load Balancing, DNS, Linux Virtual Server, Network Address Translation (NAT), Algortima Penjadwalan, Response Time, Throughput
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 25 Oct 2021 03:20
Last Modified: 25 Oct 2021 03:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93090

Actions (login required)

View Item View Item