Pengaruh Konsentrasi Giberelin (GA3) Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tiga Varietas Pakcoy (Brassica rapa L.) dengan Metode Hidroponik Nutrient Film Technique (NFT)

Sandra, Loeika (2021) Pengaruh Konsentrasi Giberelin (GA3) Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tiga Varietas Pakcoy (Brassica rapa L.) dengan Metode Hidroponik Nutrient Film Technique (NFT). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan)
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Budidaya pakcoy menggunakan hidroponik NFT merupakan salah satu sistem pertanian masa depan karena dapat diusahakan di berbagai tempat. Pada umunya budidaya hidroponik pakcoy hanya mengandalkan nutrisi dengan dosisi yang telah ditetapkan. Salah satu alternatif untuk memacu pertumbuhan dan meningkatkan kualitas pakcoy adalah dengan penambahan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Giberelin (GA3). Faktor lain yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman hidroponik adalah varietas. Penelitian ini telah dilaksanakan di kebun hidroponik 55 Kelurahan Cupak Tangah, Kecamatan Pauh, Kota Padang, pada bulan Februari – Maret 2021. Penelitian bertujuan untuk mengetahui interaksi antara GA3 dan varietas terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy serta untuk mengetahui konsentrasi GA3 yang dapat mempercepat pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy, kemudian untuk mengetahui varietas pakcoy yang memiliki pertumbuhan dan hasil yang paling baik dengan metode hidroponik NFT. Penelitian ini menggunkana Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial. Faktor pertama adalah konsentrasi giberelin (GA3) yang terdiri dari 5 taraf yaitu 0 ppm, 20 ppm, 40 ppm, 60 ppm, dan 80 ppm, factor kedua terdiri dari 3 taraf yaitu varietas Nauli F1, varietas Emone 26, dan varietas Green. Data hasil pengamatan di analisis dengan Uji F 5%. Hasil yang didapatkan adalah terdapat interaksi antara konsentrasi Giberelin (GA3) dan varietas pakcoy terhadap tinggi tanaman dan lebar daun, serta didapatkan hasil terbaik dengan pemberian konsentrasi giberelin (GA3) 60 ppm pada varietas Emone 26.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Ardi, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Giberelin, Konsentrasi, Pakcoy, Varietas
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 22 Oct 2021 02:40
Last Modified: 22 Oct 2021 02:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93028

Actions (login required)

View Item View Item