STUDI KASUS : KESIAPSIAGAAN PADA IBU HAMIL DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI DAERAH RAWAN BENCANA RW.06 KELURAHAN PASIR NAN TIGO TAHUN 2021

Risada, Septriella (2021) STUDI KASUS : KESIAPSIAGAAN PADA IBU HAMIL DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI DAERAH RAWAN BENCANA RW.06 KELURAHAN PASIR NAN TIGO TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview

Abstract

Kesiapsiagaan adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana melalui langkah yang tepat guna dan berdayaguna. Kelompok rentan diberikan prioritas berupa penyelamatan, evakuasi, pengamatan, pelayanan kesehatan, dan psikososial saat terjadi bencana apalagi pada ibu hamil perlu memperhatikan keselamatan 2 jiwa. Berdasarkan hasil survey potensi bencana pada daerah ini adalah gempa dan tsunami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapsiagaan ibu hamil dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksplanatori dengan metode wawancara. Pemilihan partisipan adalah ibu hamil yang tinggal di derah tersebut dan bersedia menjadi partisipan. Hasil penelitiannya didapatkan 4 (empat) tema yaitu pengetahuan dan sikap, rencana tanggap darurat, sistem peringatan bencana, dan penyuluhan kesiapsiagaan. Penelitian ini memberikan saran kepada ibu hamil ketika terjadi gempa segera lari ke tempat yang tinggi atau menjauhi pantai dan membawa tas siaga bencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Lili Fajria, S.Kep., M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Kesiapsiagaan, Bencana, Ibu Hamil
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 19 Oct 2021 08:23
Last Modified: 19 Oct 2021 08:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93007

Actions (login required)

View Item View Item