INDUKSI TUNAS PADA EKSPLAN TUNAS PUCUK GAMBIR (Uncaria gambir (Hunter) Roxb.) MENGGUNAKAN BEBERAPA KONSENTRASI THIDIAZURON SECARA IN VITRO

Yolanda, Rahayu Putri (2021) INDUKSI TUNAS PADA EKSPLAN TUNAS PUCUK GAMBIR (Uncaria gambir (Hunter) Roxb.) MENGGUNAKAN BEBERAPA KONSENTRASI THIDIAZURON SECARA IN VITRO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V .pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman gambir merupakan komoditas ekspor Sumatera Barat yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan prospek yang baik bagi petani dan pemasok negara asing. Permasalahan yang sering dihadapi petani adalah rendahnya produktivitas dan kualitas benih yang digunakan. Produktivitas yang rendah dan belum seragamnya kualitas hasil tanaman gambir dapat diatasi dengan memperbaiki teknik budi daya melalui penyediaan bibit yang berkualitas, bebas hama, dan penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi TDZ yang efektif dalam menginduksi tunas tanaman gambir secara in vitro. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus hingga Oktober 2020 di Laboratorium Kultur Jaringan, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang. Percobaan disusun menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 taraf perlakuan dan diulang sebanyak 3 kali. Eksplan yang digunakan adalah tunas pucuk gambir hasil perkecambahan in vitro. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan uji F pada taraf nyata 5%. Jika berbeda nyata, dilanjutkan dengan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TDZ dapat meningkatkan jumlah tunas yang dihasilkan dari eksplan tunas pucuk gambir. Peningkatan konsentrasi TDZ cenderung meningkatkan jumlah tunas dan jumlah daun yang dihasilkan. Konsentrasi 0,500 mg/L TDZ menghasilkan jumlah tunas per eksplan tertinggi dan konsentrasi 0,375 mg/L TDZ menghasilkan jumlah daun tertinggi pada eksplan tunas pucuk gambir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aprizal Zainal, SP., MSi
Uncontrolled Keywords: eksplan tunas pucuk, gambir, induksi tunas, TDZ
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 18 Oct 2021 03:37
Last Modified: 18 Oct 2021 03:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/92917

Actions (login required)

View Item View Item